Kamu Belum Disebut Travelling ke Makassar Kalau Gak Merasakan 8 Hal Ini

Belum sah kalau...

Kamu Belum Disebut Travelling ke Makassar Kalau Gak Merasakan 8 Hal Inimisstamchiak.com

Liburan ke luar kota menjadi salah satu bentuk refreshing yang paling digemari banyak orang. Dengan travelling, berbagai kejenuhan bisa dikurangi. Karena itu, jangan terus menunda rencana travelling kamu supaya harimu lebih segar.

Makassar, dengan segala keindahannya, bisa kamu jadikan sebagai destinasi wisata berikutnya. Kamu bisa menikmati keindahan pantai hingga ke tengah pulau, menyusuri kelezatan makanan khas kaya rempah, serta meresapi getaran spiritual dari substansi kebudayaan masyarakat bagian selatan Pulau Sulawesi.

Setibanya di sana, kamu harus melakukan 8 hal ini. Jika tidak, kamu belum bisa disebut pernah berlibur ke Makassar.

Rasakan lezatnya olahan seafood khas Makassar.

pixabay.com

Warga Makassar selalu bangga dengan produk kuliner warisan leluhur berbahan hasil laut. Wajar saja, posisi geografis jantung kota Makassar yang berada di pinggir pantai, menyebabkan cara pengolahan kepiting, ikan, cumi memiliki ciri khas tersendiri. la. Hasilnya, coba lihat saja restoran paling berkelas di Makassar. Mereka menghidangkan ikan bakar, kepiting, udang, pallumara, dan berbagai menu olahan laut lainnya dengan bumbu rempah yang lezat.

Nikmati kuliner olahan daging super lezat.

resepharian.com

Jangan sekali-kali melakukan penilaian rasa Coto, Pallubasa, dan Sop Konro, jika kamu hanya pernah mencicipinya di luar tanah asalnya, Makassar. Karena kelezatannya yang terkenal ke semua wilayah di Nusantara, banyak orang yang kemudian coba-coba mengolah sendiri menu olahan daging unik Makassar ini. Namun, kamu perlu tahu, nikmatnya tidak akan pernah selezat bila masakan tersebut disantap diiringi hembusan sepoi Anging Mammiri.

Nikmati segarnya es pisang ijo.

resepdanmasakan.com

Jajanan terbuat dari pisang begitu banyak diciptakan orang Bugis–Makassar. Selain pisang ijo, ada juga palu butung, barongko, roko’-roko’ unti, pisang epe’, sanggara balanda, dan sebagainya. Pisang ijo menjadi pemimpin di antara menu warisan itu. Sebab, pisang dibalut tepung beras berwarna hijau pandan itu begitu mantap ketika dicelupkan pada fla tepung dingin yang disiram dengan sirup strawberi. Maknyuss!

Rasakan kecantikan Pulau Samalona.

indonesiakaya.com

Banyak pulau cantik nan indah yang bisa kamu datangi di Kota Makassar. Salah satu yang terdekat dari pusat kota yaitu Pulau Samalona. Jarak tempuh dari dermaga kayu Bangkoa Makassar ke Samalona sekisar 30 menit dengan menggunakan perahu sewaan. Di Samalona, masyarakat setempat meyiapkan alat-alat snorkeling hingga alat menyelam. Banyak pula penginapan dengan harga terjangkau.

Baca Juga: Backpacker Wajib Lihat! 9 Hotel Murah di Makassar dengan Budget Sekitar Rp 200 Ribu-an

Rasakan biru cerahnya air laut Pantai Bira.

piknikasik.com

Kabupaten Bulukumba terletak di ujung kaki Pulau Sulawesi, jaraknya sekitar 169 kilometer dari Kota Makassar. Hingga sekarang, tak ada pantai di Bulukumba yang bisa menyaingi ketenaran Tanjung Bira. Garis pantai Tanjung Bira yang panjang dengan pasir putih dan cerah biru air lautnya, tak bisa dipungkiri membuat semua orang yang berkunjung bakal bisa termangu takjub.

Cottage mewah semakin banyak berdiri di pinggiran tanah berbatu Pantai Bira. Tapi tidak usah kecewa, penginapan sederhana dan nyaman juga tesedia, kok. Ayo ke Bulukumba!

Rasakan eksotika pegunungan karst Rammang-rammang.

arsy.co.id

Rammang-rammang yang letaknya di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, kini jadi magnet wisata baru Sulawesi Selatan. Keindahan alam pegunungan karst terbesar kedua di dunia itu, menawarkan banyak pengalaman berkesan. Menikmati kesejukan lembah dan merasakan langsung eksotisnya guratan karst yang membentang luas.

Di Rammang-rammang, kamu dapat menyusuri Sungai Pute menggunakan perahu yang disewakan. Setiap perahu sanggup memuat empat hingga lima penumpang. Kamu pun bisa menikmat pemandangan gugusan karst alamiah di sepanjang penyusuran Sungai Pute.

Merasakan damainya Kota Malino.

general.web.id

Kota Malino terletak di pegunungan Kabupaten Gowa, berada sekitar 63 kilometer dari pusat kota Makassar. Ada beberapa objek wisata dapat kamu pilih di lingkungan sejuk ini. Hutan pinus di Malino, air terjun di Takapala, Air Terjun Ketemu Jodoh, dan Air Terjun Tangga Seribu juga harus dikunjungi.

Biasanya, Kota Malino selalu padat dengan wisatawan saat akhir pekan. Salah satu daya tarik terkini di kota yang dibangun ketika 1927 ini adalah lingkungan Malino Highland. Pada Malino Higland, hatimu akan kagum sehamparan kebun teh peninggalan perusahaan Jepang.

Meresapi spirit kebudayaan Toraja.

torajamisiliana.com

Jangan mati sebelum ke Toraja”, itulah potongan kalimat yang pernah diungkapkan Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo. Sang gubernur rasa-rasanya bukan berlebihan mengatakan hal tersebut, karena tiap lokasi di Toraja bagai bongkahan-bongkahan permata yang sangat indah dipandang mata, dimaknai jiwa.

Masyarakat Toraja terkenal taat dengan pelestarian nilai-nilai leluhur. Hal itu masih rutin kita temui pada prkatek upacara kematian, pesta pernikahan, dan sederet sakramen maknawi lainnya. Lihat saja bagaimana dalamnya makna upacara kematian orang-orang Toraja yang tidak ditemukan di kelompok masyarakat di belahan dunia lainnya. Pastinya, kamu bakal mahfum bahwa masyarakat Toraja adalah sebaik-baiknya orang yang menghormati kehidupan dan kematian.

Baca juga: Hobi Travelling Tapi Nggak Pernah Ke Tana Toraja? Rugi Kamu!

Buat kamu yang hobi traveling atau punya banyak informasi serba-serbi soal travel dan liburan, sekarang saatnya kamu berbagi informasi lewat tulisan di IDN Times Community. Setiap artikel yang berhasil diterbitkan, kamu akan mendapatkan gratis 100 poin!

Akmal Bahtiar

Hobi menulis di blog pribadi, tentang hal-hal kabar baik di Sijai.com, penikmat sastra dan musik klasik.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Read More
Register IDN Times Community
ARTIKEL REKOMENDASI