Libur Lebaran, 14 Destinasi Wisata Brebes Ini Bisa Kamu Kunjungi

Ayo lengkapi koleksi foto instagrammu dengan spot menarik ini!

Libur Lebaran, 14 Destinasi Wisata Brebes Ini Bisa Kamu Kunjungianekawisataseru.net

Meskipun tahun kemarin Brebes menjadi sangat terkenal ketika musim mudik karena kemacetannya yang luar biasa, mari tahun ini berkenalan dengan tempat wisata menarik yang ada di salah satu kabupaten yang terkenal dengan bawang merah dan telur asinnya ini!

Saat libur Lebaran nanti, ada 14 destinasi wisata yang kece yang bisa kamu kunjungi lho!

1. Agrowisata Kaligua.

Libur Lebaran, 14 Destinasi Wisata Brebes Ini Bisa Kamu Kunjungitravelingyuk.com

Terletak di wilayah Brebes bagian selatan, tepatnya di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah dengan ketinggian 1.200 - 2.050 meter dari permukaan laut, tempat ini merupakan kebun teh warisan pemerintah kolonial Belanda. Agrowisata Kaligua berada di jalur Tegal-Purwokerto, tepat masuk melalui pertigaan Kaligua, Kretek. Selain kebun teh, terdapat beberapa situs wisata menarik yang berada di sekitar Kaligua, yaitu Gua Jepang, Tuk Bening, Gua Angin, serta makam pendiri kebun Van De Jong.

2. Telaga Ranjeng.

Libur Lebaran, 14 Destinasi Wisata Brebes Ini Bisa Kamu Kunjungianekawisataseru.net

Tak jauh dari Agrowisata Kaligua, terdapat sebuah tempat wisata unik, yaitu sebuah telaga yang di dalamnya dihuni banyak ikan lele, dan menurut kepercayaan lele-lele tersebut tidak boleh dibawa pulang.

3. Waduk Penjalin.

Libur Lebaran, 14 Destinasi Wisata Brebes Ini Bisa Kamu Kunjungikabar24

Waduk Penjalin terletak perbatasan Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Brebes, tepatnya di Desa Winduaji. Waduk yang memiliki luas 1,25 km2 dan isi 9,5 juta m3 ini dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1930. Di areal tangga yang menuju waduk pun kini dibuat lebih menarik dengan dicat warna-warni.

4. Waduk Malahayu.

Libur Lebaran, 14 Destinasi Wisata Brebes Ini Bisa Kamu Kunjungitravelingyuk.com

Berada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat, tepatnya di Kecamatan Banjarharjo. Waduk Malahayu dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1934-1937 dan diresmikan pada 19 Mei 1938. Di tengah-tengah waduk tampak Gunung Lio, yang pada zaman dahulu menjadi salah satu tempat pertempuran gerilya Jenderal Soedirman. Fasilitas yang disediakan di objek wisata ini antara lain kolam renang anak, mainan anak, becak air, perahu pesiar, perahu dayung, panggung terbuka, serta disediakan tempat parkir yang cukup luas.

5. Hutan Mangrove Pandansari.

Libur Lebaran, 14 Destinasi Wisata Brebes Ini Bisa Kamu Kunjungiimgrum.org

Hutan Mangrove Pandansari terjarak sekitar 10 kilometer dari Kota Brebes, tepatnya di Dukuh Pandansari, Desa Kaliwlingi, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes. Adalah Mashadi, seorang tokoh muda yang sejak tahun 2008 bersama kelompok KBL Mangrove Sari menanam 2.260.000 batang mangrove seluas 200 hektare yang akhirnya kini menjadi salah satu tujuan wisata kekinian bagi masyarakat.

6. Bukit Baper

Libur Lebaran, 14 Destinasi Wisata Brebes Ini Bisa Kamu Kunjungiinstagram.com/rifki.h.ismail

Merupakan tempat wisata yang masih tergolong baru di Brebes. Terletak di Desa Batursari, Sirampog. Tempat wisata ini mengusung konsep yang belakang ini sedang tren di masyarakat, yaitu gardu pandang atau spot selfie dengan pemandangan Brebes-Tegal di bawahnya. Jarak tempuh untuk menuju ke lokasi dari pusat Kota Brebes sekitar 60 kilometer.

7. Curug Putri.

Libur Lebaran, 14 Destinasi Wisata Brebes Ini Bisa Kamu Kunjungiinstagram.com/amaliaaapr

Berada di kecamatan yang sama dengan Bukit Baper, tempat ini menyajikan pemandangan air terjun dengan ketinggian sekitar 35 meter. Dihiasi tebing batu di sisi kanan dan kirinya, membuat mata termanjakan dengan ciptaan Tuhan yang indah tersebut. Untuk mencapai ke lokasi, dari jalan beraspal kita harus berjalan kaki dan menyusuri pematang sawah serta melewati jalan setapak yang jaraknya sekitar 500 meter. Pasti akan menjadi pengalaman yang menarik jika kamu berkunjung ke sini!

8. Bukit Panenjoan.

Libur Lebaran, 14 Destinasi Wisata Brebes Ini Bisa Kamu Kunjungianekawisataseru.net

Berada di Desa Wanoja, Kecamatan Salem, Brebes, Jawa Tengah, tempat wisata ini memakan jarak tempuh sekitar 70 kilometer dari pusat Kota Brebes. Menawarkan pemandangan dari bukit, suasana asri segera menyelinap setelah kita berada di gardu pandang berbahan dasar kayu yang disediakan di sana.

Baca juga: Liburan dengan Budget Di Bawah 1 Juta, Ini Tipsnya!

9. Ranto Canyon.

Libur Lebaran, 14 Destinasi Wisata Brebes Ini Bisa Kamu Kunjungibrobali.com

Sama-sama terletak di Kecamatan Salem, wisata alam ini dapat ditempuh dari pusat Kota Brebes selama kurang lebih tiga jam. Setelah itu, kita harus berjalan menyusuri jalan setapak sejauh kurang lebih 200 meter.

10. Pantai Randusanga.

Libur Lebaran, 14 Destinasi Wisata Brebes Ini Bisa Kamu Kunjungigulalives.co

Objek wisata yang dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Brebes ini berada sekitar 7 kilometer ke arah utara dari jalan raya Pantura Kota Brebes. Objek wisata Pantai Randusanga memiliki panjang sekitar 2 kilometer dengan luas lahan sekitar 30 hektare. Namun, yang baru dikembangkan sekitar 10 hektare. Arena wisata bahari di Pantai Randusanga berupa pemandangan laut yang dilengkapi dengan anjungan dan gazebo.

11. Pemandian air panas Cipanas.

Libur Lebaran, 14 Destinasi Wisata Brebes Ini Bisa Kamu Kunjungiyoutube.com

Tempat wisata ini cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin melepas penat setelah perjalanan mudik yang melelahkan. Pemandian Air Panas ini terletak di Desa Pangebatan, Kecamatan Bantarkawung.

12. Kalibaya.

Libur Lebaran, 14 Destinasi Wisata Brebes Ini Bisa Kamu Kunjungibonvoyagejogja.com

Terletak di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kalibaya yang merupakan singkatan dari Kawasan Lio Rimba Raya ini menawarkan nuansa alam yang sejuk dan indah dipandang mata. Tempat wisata ini dikelola oleh LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan), Pemerintah Desa (Pemdes) Pasir Panjang dan Karang Taruna. Konsep Kalibaya sama dengan Bukit Baper dan Bukit Panenjoan, yaitu gardu pandang. Selain itu, ada wahan-wahana lain yang ditawarkan, yang paling mencuri perhatian yaitu ayunan angkasa. Berani coba?

13. Curug Awu.

Libur Lebaran, 14 Destinasi Wisata Brebes Ini Bisa Kamu Kunjungiimgrum.org

Curug Awu yang memiliki ketinggian sekitar 100 meter berlokasi di Desa Wanareja, Kecamatan Sirampog. Berada di kawasan hutan lindung petak 20 dan 21. Kondisi di Curug Awu ini masih sangat alami dengan ekosistem yang masih terjaga dengan baik. Tidak jauh dari Curug Awu terdapat dua sumber mata air, yakni Tuk Wangkang dan Setra Menggala.

14. Pemandian air panas Tirta Husada.

Libur Lebaran, 14 Destinasi Wisata Brebes Ini Bisa Kamu Kunjungianekawisataseru.net

Objek wisata yang berjarak sekitar 75 kilometer dari pusat Kota Brebes ini berlokasi di Dukuh Kedungoleng, Kecamatan Paguyangan. Pemandian Air Panas Tirta Husada ini merupakan tempat wisata air panas alami yang bisa menjadi alternatif untuk melepas lelah dan menyegarkan pikiran karena suasananya yang asri dengan pemandangan alam hutan pinus yang tumbuh rindang di sepanjang jalur menuju lokasi wisata tersebut.

Nah, setelah puas mengunjungi berbagai tempat wisata di Brebes, jangan lupa membawa telur asin sebagai oleh-oleh. Ada pula kerupuk rambak, ketan pencok, dan dodol sirsak yang bisa dijadikan alternatif lain sebagai oleh-oleh bila kita mengunjungi tempat wisata di daerah Brebes Selatan.

Baca juga: 7 Tips Cerdas Mudik Biar Gak Menguras Dompetmu

Tulis artikel seputar Ramadan, Puasa dan Idul Fitri. Dapatkan gratis 100 poin!

Amalia Puspha Rini

Yang patah tumbuh, yang hilang berganti.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Read More
Register IDN Times Community
ARTIKEL REKOMENDASI