7 Masjid di Yogya Ini Bikin Salat Tarawih Kamu Lebih Khidmat

Masjid nyaman, ibadah jadi lebih khusyuk.

7 Masjid di Yogya Ini Bikin Salat Tarawih Kamu Lebih Khidmat kemenag.go.id

Ramadan menjadi bulan paling ditunggu karena berkahnya tak habis-habis. Tak hanya soal puasa, banyak ibadah yang dapat dilakukan selama Ramadan. Semua hal positif akan dinilai sebagai ibadah dan lahan pahala. Bahkan ketika tidur siang sejenak merebahkan tubuh yang lelah. Apalagi salat sunnah malam hari, seperti Tarawih. Satu pekan lagi, umat Islam akan kembali menjalankan salat Tarawih. Meski hukumnya sunnah, kebanyakan umat Islam tak akan menyia-nyiakan momentum tarawih di bulan Ramadan. Tak jarang orang-orang bersafari mencari masjid yang unik atau khas daerah tertentu. Seperti di Yogya, masjid-masjid berikut ini bakal bikin ibadahmu semakin kusyuk. 

1. Masjid Kampus UGM.

Bagi warga Jogja, terutama kalangan mahasiswa UGM tentu udah nggak asing lagi nih dengan masjid yang sering disebut Maskam UGM ini. Setiap Ramadhan Maskam UGM selalu menghadirkan ustadz-ustadz terkenal, yang memberikan ceramah menyejukkan hati. Masjid yang luas dengan ini mengalirkan suasana yang sejuk dan tidak membuat gerah. Selain itu alunan suara imam yang merdu bakal menambah kehusyukanmu beribadah.

Baca juga: Puasa, Sekadar Kegiatan Fisik atau Aktivitas Rohani?

2. Masjid Gedhe Kauman.

Masjid yang dekat dengan alun-alun Keraton Yogyakarta ini punya nuansa Jawa yang sangat kental. Arsitektur keraton yang unik dan khas akan memberikan sensasi sholat Tarawih yang berbeda dari masjid yang lain. Kamu bisa memilih sholat di serambi masjid atau di dalam ruangan induk masjid.

3. Masjid Jogokariyan.

Masjid yang satu ini juga sangat cocok untuk dijadikan tempat Tarawih buat kamu yang tinggal di Jogja. Jika ingin sholat Tarawih di masjid ini kamu harus datang lebih cepat karena selalu penuh! Masjid yang terkenal dengan banyak kegiatan kajian ini sangat pas untuk sholat tarawih sekaligus menambah ilmu agamamu.

4. Masjid Nurul Ashri.

Kalangan mahasiswa pasti sangat mengenal masjid yang terletak di daerah Deresan ini. Masjid yang sering disebut Nuras ini sangat bersih, wangi dan memiliki karpet sholat yang empuk (lumayan...hihi). Jika sholat Tarawih di masjid ini maka sholatmu bisa bertambah khusyuk.

5. Masjid Sunan Kalijaga.

Masjid Sunan Kalijaga yang sekaligus merupakan Laboratorium Agama UIN Sunan Kalijaga ini juga bisa menjadi pilihanmu untuk sholat Tarawih. Buat kamu yang tinggal di sekitar UIN Sunan Kalijaga tidak perlu jauh-jauh, datang saja ke masjid yang memiliki arsitektur unik ini. Masjid yang selalu ramai ini akan menambah atmosfir ibadahmu, karena kamu nggak sendirian.

6. Masjid Ulil Albab UII.

Buat kamu yang tinggal di Jalan Kaliurang km 14 dapat menjadikan masjid Ulil Albab sebagai tempat sholat Tarawih. Masjid megah dengan kubah kuning ini akan menambah kekhusyukanmu dalam beribadah karena masjid ini luas dan sangat nyaman.

7. Masjid Syuhada

Masjid Syuhada Kotabaru juga bisa menjadi pilihanmu sebagai tempat untuk sholat Tarawih. Nuansa hijau yang menyejukkan mata akan semakin menambah kenyamananmu dalam beribadah. Masjid ini juga ramai dikunjungi masyarakat sejak menjelang magrib, jadi kamu bisa langsung merasakan atmosfir Ramadan.

Semoga sholat Tarawihmu nanti makin khusyuk ya :)

Baca juga: 6 Alasan Kenapa Bulan Ramadan Pantas Dirindukan

Read More

Bagaimana perasaanmu setelah membaca artikel ini?

  • Vote Senang Vote
    Senang 30%
  • Vote Sedih Vote
    Sedih 5%
  • Vote Terhibur Vote
    Terhibur 5%
  • Vote Marah Vote
    Marah 5%
  • Vote Kaget Vote
    Kaget 5%
  • Vote Terinspirasi Vote
    Terinspirasi 50%
ARTIKEL TERKINI