Bosan Naik Gunung? Yuk, Coba Mendaki Tebing Via Ferrata!

Ferrata adalah hal baru di Indonesia.

Bosan Naik Gunung? Yuk, Coba Mendaki Tebing Via Ferrata!Dokumen foto pribadi

Naik gunung atau pergi ke pantai, menjadi pilihan utama orang-orang untuk berlibur. Tetapi, kamu perlu coba panjat tebing dengan menggunakan ferrata. Selain waktu yang lebih singkat untuk mencapai puncak ketinggian, panjat tebing memberikan sensasi berbeda dengan naik gunung atau ke pantai. Ya, kamu akan merasakan adrenalin yang luar biasa dari sekedar naik gunung. Saat kita sudah berada di ketinggian 100 meter, wow! Tepi jurang tepat dibawah kaki kamu yang hanya menginjak tangga besi yang ditancapkan ke tebing. 

Panjat tebing via ferrata pertama kali digunakan oleh biarawan Italia untuk menuju kastil atau monastery yang terletak di atas bukit. Setelah itu digunakan pada masa Perang Dunia I, untuk suplai logistik dari perbatasan. Via Ferrata sendiri berasal dari bahasa Itali yakni via (tangga) ferrata (besi). Tangga besi ini ditanam di sisi tebing untuk pendaki pemula mencapai puncak ketinggian tebing. 

Lokasi tebing ini letaknya di Desa Sukamulya Kecamatan Tegal Waru Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Akses menuju kesana di sarankan menggunakan mobil berjenis SUV atau sepeda motor karena akses jalan kesana yang belum diperbaiki oleh pemerintah daerah.

1. Spot pertama saat memulai pendakian, dengan pemasangan alat pengaman seperti tali dan helm pengaman.

Bosan Naik Gunung? Yuk, Coba Mendaki Tebing Via Ferrata!Dokumen foto pribadi

Setelah pemasangan peralatan pengaman, kita akan ditemani oleh guide untuk memberikan arahan selama mendaki tebing dan memfoto kegiatan panjat tebing. 

2. Spot pertama tempat peristirahatan di ketinggian 50 meter

Bosan Naik Gunung? Yuk, Coba Mendaki Tebing Via Ferrata!Dokumen foto pribadi

Saat memulai pendakian, saat itu turun hujan sangat deras dan disarankan untuk berhenti mendaki, karena dikhawatirkan tangga besi akan terkena petir sehingga bisa membahayakan.

3. Ketinggian sekitar 300 meter ini cukup bikin lutut gemeteran.

Bosan Naik Gunung? Yuk, Coba Mendaki Tebing Via Ferrata!Dokumen foto pribadi

Mendaki saat menjelang sunset jangan sampai terlewatkan karena mendaki tebing disana cukup indah seperti naik gunung.

4. Ini adalah puncak tertinggi dari rock climbing di Purwakarta. Sangat menyenangkan dan memacu adrenalin.

Bosan Naik Gunung? Yuk, Coba Mendaki Tebing Via Ferrata!liburmulu.com

Untuk informasi lebih lanjut, rock climbing ini dikenakan biaya sekitar 200.000/orang. Kalian harus coba panjat tebing ini, rasakan sensasinya dan nikmati keindahan alamnya.

Bintang Pamungkas

Mencintai dunia literasi. Aktif membaca dan menulis khususnya mengenai isu-isu sosial, politik, kemanusiaan maupun toleransi beragama di Indonesia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Read More
Register IDN Times Community
ARTIKEL REKOMENDASI