Berada di tengah Eropa, menjadikan Austria negara yang terkurung daratan dan berbatasan dengan negara-negara lainnya seperti Jerman, Republik Ceko dan Swiss. Meski "terkurung" diantara lainnya, namun bukan berarti Austria tak kaya akan tempat wisatanya. Nyatanya, negara satu ini termasuk salah satu favorit destinasi para turis jika ke Eropa lho.

Hampir tertutup seutuhnya dengan pegunungan spektakuler di berbagai sisi, Austria nyatanya memiliki banyak keindahan alam yang gak boleh untuk dilewatkan. Jika kamu ke Austria, 8 tempat ini wajib kamu masukkan ke travel list, untuk jadikan liburanmu semakin bermakna. 

1. Kota Salzburg

Kastil sampai Gua, Ini 8 Destinasi Favorit Saat Berkunjung Ke Austria!Internationaltraveller.com

Semua turis pasti setuju bahwa gak bakalan lengkap ke Austria kalau belum berkunjung ke Salzburg. Dipenuhi oleh berbagai keindahan asitektur bangunan disegala penjuru kota, tak pelak menjadikan berjalan-jalan di kota Salzburg bak masuk ke kota tua khas negeri dongeng.

Tidak hanya bangunan saja, Salzburg memiliki pemandangan alam yang spektakuler dengan pegunungan Alpen yang membentang di sekelilingnya. Kota ini juga dipenuhi oleh sejarah sekaligus merupakan rumah bagi tokoh musik klasik termashyur di dunia Wolfgang Amadeus Mozart. Unesco pun bahkan memasukkan kota kuno satu ini dalam daftar warisan dunia.

2. Desa Hallstatt

Kastil sampai Gua, Ini 8 Destinasi Favorit Saat Berkunjung Ke Austria!Wikipedia.org

Tidak ada yang boleh melewatkan Hallstatt jika berkunjung ke Austria. Desa kecil satu ini dianugerahi pemandangan alam yang begitu speaktakuler dengan berada tepat di bibir danau Hallstätter See yang luas dan dikelilingi oleh pegunungan tinggi yang menakjubkan. Bak berada di negeri dongeng, semua keindahan itu pun membuat UNESCO memasukkan Halstatt dalam daftar salah satu warisan dunia.

Keunggulan lainnya dari Hallstatt ialah meski masuk ke dalam daftar tujuan favorit para turis. Hallstart selalu dapat menjadi lokasi yang tenang dan cocok untuk merilekskan pikiran setelah kerap menghabiskan waktu bergelut dalam kepadatan dan kesibukan di kota-kota besar. 

3. Zell Am See

Kastil sampai Gua, Ini 8 Destinasi Favorit Saat Berkunjung Ke Austria!Sielok.hu

Berada di wilayah Salzburg, Zell am see merupakan favorit destinasi saat musim panas maupun musim dingin. Jika kamu datang saat musim panas, kamu bisa menikmati keindahan danaunya dan melakukan berbagai aktifitas air ataupun menikmati pegunungan yang menjadi latar bagi kota ini.

Sementara saat musim dingin, bermain ski adalah aktifitas yang patut kamu coba. Ada cable car yang siap membawamu menuju gunung Schmittenhöhe dan dari atas cable car,  kamu akan melihat pemandangan memukau yang sulit untuk dilupakan antara pegunungan, desa dan danau Zell.

4. Hohenwerfen castle

Kastil sampai Gua, Ini 8 Destinasi Favorit Saat Berkunjung Ke Austria!Salisburghese.it

Kastil Hohenwerfen adalah salah satu kastil paling populer dan cantik di Austria dan bahkan di Eropa. Kastil satu ini berdiri kokoh di atas dua pegunungan Berchtesgaden and Tennengebirge yang masih merupakan bagian dari pegunungan Alpen untuk alasan ini jugalah kastil Hohenwarfen begitu populer dengan pemandangannya.  

Sementara di dalam kastil pun juga tak kalah memukau dengan berbagai barang peninggalan sejarah yang ada. Beberapa kali kastil satu ini menjadi latar film-film ternama, salah satunya adalah film " The Sound Of Music ".

5. Eisriesenwelt cave

Kastil sampai Gua, Ini 8 Destinasi Favorit Saat Berkunjung Ke Austria!Roadaffair.com

Gak hanya danau, pegunungan, dan bangunan kunonya, Austria juga punya gua yang menakjubkan yaitu gua Eisriesenwelt, gua es terbesar di dunia. Eisriesenwelt sendiri memiliki arti 'dunia es raksasa' dan sesuai dengan namanya, masuk ke dalam gua ini bagai masuk ke dunia lain dipenuhi es. Gua ini dibuka untuk umum setiap saat dan musim, termasuk musim panas karena es didalamnya tak pernah meleleh.

Tapi tentunya didalam sini kamu akan harus merasakan suhu udara yang begitu dingin, Jadi akan lebih baik kalau kamu mengunjungi gua ini di musim selain musim salju agar kamu tak merasakah benturan udara membeku dari dalam maupun luar.

Dahulu kala, gua ini dijuluki sebagai gerbang neraka dan siapapun yang masuk ke dalamnya tak akan ke luar lagi, sehingga karenanya tidak ada yang berani masuk kedalamnya. Tapi di tahun 1879, seorang pria bernama Anton von Posselt mematahkan kabar mistis tersebut dengan menjelajahi isi dalam gua.

Setahun kemudian ia menuliskan buku akan petualangannya tersebut walau sayang tak begitu mendapatkan perhatian. Baru di tahun 1920 an lah dilakukan penelitian resmi yang kemudian menjadikan gua Eisriesenwelt sebagai destinasi wisata seperti sekarang.

6. Seefeld, Tirol

Kastil sampai Gua, Ini 8 Destinasi Favorit Saat Berkunjung Ke Austria!Austria-forum.org

Salah satu hal yang tak boleh dilewatkan jika berkunjung ke negara empat musim dan datang di saat musim salju  tentunya adalah menjajal olahraga bermain ski.  Austria terkenal akan banyak tempat untuk ber-ski ria yang menjadi favorit para turis mancanegara. Salah satunya berlokasi di Seefeld yang berada di wilayah Tirol.

Tempat ini juga telah menjadi tuan rumah dua kali bagi olimpiade musim dingin sehingga tak diragukan bahwa kamu pasti akan menikmati ber-ski ria disini. Namun jika kamu tak begitu ingin ber-ski, Seefeld tetap menjadi tempat yang patut kamu kunjungi karena ada banyak hiburan, tempat belanja dan sekedar bermain salju akan membuatmu bahagia.

7. Hohensalzburg Castle

Kastil sampai Gua, Ini 8 Destinasi Favorit Saat Berkunjung Ke Austria!5-five-5.blogspot.com

Berlokasi strategis di pegunungan Festungsberg, Hohensalzburg merupakan salah satu kastil terbesar di Eropa. Benteng menakjubkan ini dibangun oleh seorang uskup agung bernama Gebhard von Helfenstein pada tahun 1077 dan diperluas setelahnya di sekitar tahun 1495-1519.

Banyak hal yang bisa kamu nikmati dari bangunan landmark kota Dalzvurg ini baik di luar maupun di dalam. Salah satunya yang wajib untuk dilihat adalah Salzburg Bull, organ besar dengan lebih dari dua ratus pipa.

8. Grossglockner Alpine Road

Kastil sampai Gua, Ini 8 Destinasi Favorit Saat Berkunjung Ke Austria!Pinterest.com

Menikmati keindahan alam Austria salah satunya dapat dilakukan dengan melintasi jalanan tertinggi di Austria yaitu Grossglockner Alpine Road. Sebuah rute jalan menakjubkan  melintasi pegunungan yang mengarah ke taman nasional di atas gunung. Sepanjang rute, kamu akan dibuat ternganga dengan keindahan pegunungan disekeliling layaknya tebing raksasa.

Sementara sesampainya di taman nasional,  kamu dapat menikmati pemandangan spektakuler dan juga banyak hiburan yang disediakan diatas gunung yang bisa dinikmati seluruh keluarga.

 

Nah, itu tadi 8 destinasi favorit turis saat berkunjung ke Austria. Seru ya! Jadi ingin berkunjung kesana juga kan?

Bonus 1000 poin untuk setiap 5 artikel terbit dengan kategori: Sport, News World, Throwback & Travel

Calledasia

..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.