Hanya di Kota Ini Ada Gunung Setinggi 8 Meter, Terkecil di Dunia

Gunung ini tidak lebih tinggi dari mal 2 lantai!

Hanya di Kota Ini Ada Gunung Setinggi 8 Meter, Terkecil di Dunia lolwot.com

Selama ini kita tahu bahwa gunung-gunung di seluruh dunia rata-rata memiliki ketinggian di atas 1000 meter dari permukaan laut. Maka dataran dengan ketinggian di bawah 1000 meter biasanya disebut sebagai perbukitan.

Tapi ternyata ada sebuah gunung yang hanya memiliki ketinggian 8 meter saja. Dikutip dari travel.detik.com, gunung mini bernama Cuexcomate ini terletak di Puebla, kota yang berjarak sekitar 2 jam perjalanan dari pusat Meksiko. Cuexcomate disinyalir sebagai gunung berapi yang meletus terakhir kali pada tahun 1660-an.

Ternyata, berdasarkan penelitian terbaru, terungkap fakta tentang Cuexcomate yang selama ini tersembunyi.

Gunung berapi atau geiser?

Cuexcomate berasal dari bahasa asli suku setempat yang berarti “mangkok penyimpanan”. Nama yang cocok karena bagian tengah gunung ini berlubang dan dalamnya berongga. Bahkan rongganya cukup luas.

Dikutip dari en.wikipedia.org, Cuexcomate pertama kali ditemukan warga sekitar tahun 1600-an pasca erupsi Gunung Popo, yang lokasinya tak jauh dari situ. Pada tahun 1660-an, Cuexcomate mengalami erupsi dan setelah itu tidak pernah lagi menunjukkan aktivitas kegunung apian.

Setelah lama diteliti oleh beberapa ilmuwan, Hugo Beraldi menjelaskan dalam slideshare.net, bahwa Cuexcomate lebih tepat disebut sebagai geiser ketimbang gunung berapi. Secara fisik memang Cuexcomate layak disebut sebagai gunung berapi karena berbentuk seperti kubah dan memiliki kawah di bagian tengah.

Nyatanya, dari penelitian terhadap struktur dan kandungan batuan penyusunnya, Cuexcomate lebih tepat disebut sebagai geiser.

Dikutip dari id.wikipedia.org, geiser adalah sejenis sumber mata air panas yang menyemburkan cairan serta uap panas secara periodik. Mungkin apa yang diduga oleh masyarakat setempat sebagai erupsi pada tahun 1660-an, sebenarnya hanyalah semburan air dan uap panas secara besar-besaran.

Cuexcomate sendiri sebenarnya terbentuk dari material-material yang terlempar saat erupsi Gunung Popo pada tahun 1064.

Dibangun tangga untuk menuju ke bagian dasar Cuexcomate

Penduduk setempat yang memanfaatkan bagian dalam Cuexcomate sebagai gudang penyimpanan makanan, membangun tangga dari mulut kawah menuju ke dasar.

Seiring berjalannya waktu dan semakin banyaknya wisatawan yang datang ke Cuexcomate, pemerintah merenovasi tangga tersebut agar lebih kuat dan aman.

Bagian dalamnya digunakan sebagai gudang penyimpanan makanan

Setiap pengunjung bisa turun sampai ke dasar Cuexcomate dengan bantuan tangga. Dikutip dari aroundthisworld.com, di bagian dasar ini ada sebuah jalur rahasia yang apabila ditelusuri akan sampai ke sebuah sungai.

Cerita rakyat di sekitar Cuexcomate menyebutkan bahwa saat masih aktif dulu, tentara Spanyol yang menjajah kawasan itu menjadikan kawah Cuexcomate sebagai tempat pembuangan mayat.

Destinasi wisata yang unik dan murah meriah

Berdasarkan info dari travel.detik.com, untuk dapat menikmati keindahan Cuexcomate dan masuk ke bagian dalamnya, setiap orang hanya dikenakan tarif sebesar 10 peso, setara dengan Rp 6.500.  Harga yang sangat murah ya untuk tempat wisata seunik ini!

Arthasalina

bukan orang penting, kecuali Anda mementingkan saya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Read More

Bagaimana perasaanmu setelah membaca artikel ini?

  • Vote Senang Vote
    Senang 18%
  • Vote Sedih Vote
    Sedih 11%
  • Vote Terhibur Vote
    Terhibur 22%
  • Vote Marah Vote
    Marah 11%
  • Vote Kaget Vote
    Kaget 22%
  • Vote Terinspirasi Vote
    Terinspirasi 16%
ARTIKEL TERKINI