4 Perkebunan Teh di Jawa Timur yang Asyik Buat Liburan

Udah cantik, masuk ke lokasinya pun murah meriah

4 Perkebunan Teh di Jawa Timur yang Asyik Buat Liburanvebma.com

Jawa Timur terkenal kaya akan destinasi wisata, mulai dari wisata religi, budaya, maritim, pendidikan, hingga wisata alam yang tiada habisnya. Tak heran jika setiap akhir pekan berbagai tempat wisata diserbu oleh para wisatawan dari berbagai penjuru nusantara, bahkan dari mancanegara. Penatnya aktivitas yang dilakukan selama weekdays 'mengharuskan' setiap orang untuk memanjakan tubuh dan pikiran dengan cara mengunjungi tempat-tempat wisata.

Salah satu jenis tempat yang menjadi favorit wisatawan adalah perkebunan teh. Tidak usah jauh-jauh ke Puncak Bogor atau Ciwidey Bandung, di Jawa Timur terdapat empat perkebunan teh yang asri, sejuk dan anti macet. Di mana saja itu?

1. Perkebunan Teh Jamus, Ngawi.

jitunews.com

Di wilayah barat Jawa Timur atau tepatnya di lereng timur Gunung Lawu terdapat Perkebunan Teh Jamus yang terletak di Dusun Jamus, Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi, sekitar 40km arah timur Kabupaten Sragen, Jawa Tengah dan dari Kota Surabaya sekitar 245km. Kebun teh ini dibangun pada tahun 1886 oleh pemerintah kolonial Belanda dan saat ini dikelola oleh PT Candi Loka.

Selain hamparan perbukitan pohon teh, juga terdapat kolam renang dan Sumber Air  Lanang yang suhu airnya cukup dingin dan Bukit Borobudur (Borobudur Hills) yang bentuknya kerucut atau piramida seperti Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. 

2. Perkebunan Teh Sirah Kencong, Blitar.

kayuhanku.blogspot.co.id

Kebun Teh Sirah Kencong terletak di Desa Ngadirenggo, Kec. Wlingi, Kab. Blitar atau sekitar 37km dari Kota Blitar. Kebun seluas 219.15 hektar ini dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara XII (PTPN XII). Pada beberapa sudut kebun teh terdapat gazebo -gazebo yang dapat digunakan para pengunjung untuk leyeh-leyeh sembari menikmati hamparan keindahan kebun teh.

Beberapa air terjun, seperti Air Terjun Tirta Kencana, Air Terjun Suro Tani dan Air Terjun Sirah Kencong terletak tidak jauh dari Pabrik Pengolahan Teh dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki melewati jalan setapak. Selain itu juga terdapat gua Kucing yang memiliki lorong melingkar membentuk huruf U, candi Sirah Kencong yang ditemukan pada tahun 1967 oleh para pekerja perkebunan dan jalur Pendakian Gunung Buthak (Pegunungan Kawi) via Sirah Kencong, tepatnya pos peristirahatan Brak Papat yang terletak pada ketinggian 1340 mdpl.

3. Agrowisata Kebun Teh Wonosari, Malang.

vebma.com

Agrowisata Kebun Teh Wonosari terletak di lereng Gunung Arjuno, tepatnya di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang atau sekitar 6km dari Lawang dan 30km di sebelah utara pusat Kota Malang. Kebun teh seluas 1.144 hektar ini dikelola oleh PT. Perkebunan Nasional XII ( PTPN XII)  dan dijadikan destinasi wisata sehingga tidak hanya menawarkan hamparan pepohonan teh, tetapi juga beberapa kegiatan menarik untuk para pengunjung.

Misalnya melihat langsung proses pengolahan daun teh hingga siap dikonsumsi, berenang, bermain paint ball, berkuda, melihat kebun binatang mini, naik ATV, flying fox, wall climbing, hingga berbelanja di beberapa kios bunga.

4. Perkebunan Teh Kertowono, Lumajang.

cewekalpukat.com

Perkebunan Teh Kertowono terletak sekitar 35km dari pusat kota Lumajang tepatnya di Desa Gucialit, Kec. Gucialit, Kab. Lumajang. Sama seperti Kebun Teh Sirah Kencong dan Wonosari, perkebunan teh seluas 2.267.97 hektar ini juga dikelola oleh PT. Perkebunan Nasional XII ( PTPN XII). Pengunjung bisa melihat aktivitas para pemetik teh dan berkunjung ke pabrik pengolahan teh hingga siap dikonsumsi.

Teh yang dihasilkan di sini berwarna merah bata dan kepekatan yang lebih jika dibandingkan dengan teh dari Sirah Kencong dan Wonosari. Selain itu, jika ingin menginap di sana juga disediakan villa yang merupakan bangunan-bangunan tua peninggalan Belanda.

Seru deh, segera agendakan liburan ke sana!

Buat kamu yang hobi traveling atau punya banyak informasi serba-serbi soal travel dan liburan, sekarang saatnya kamu berbagi informasi lewat tulisan di IDN Times Community. Setiap artikel yang berhasil diterbitkan, kamu akan mendapatkan gratis 100 poin!

Fasrinisyah

Someone who wants to be better than she was and be more than she is.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Read More
Register IDN Times Community
ARTIKEL REKOMENDASI