Indonesia dikenal sebagai salah satu penghasil kopi terbaik di dunia. Itu sebabnya, banyak produk kopi lokal yang diimpor ke sejumlah negara. Bukan hanya karena kualitas kopinya yang baik, tapi Nusantara juga punya banyak lahan untuk menanam tumbuhan yang menghasilkan minuman kesohor itu.

Bila ditelisik, kebun-kebun kopi yang luas membentang menawarkan keindahan yang elok. Bukan sekadar indah dipandang mata, tapi juga bagus dipotret dan diabadikan. Berikut tujuh dari sekian banyak kebun kopi yang bisa dikunjungi saat weekend, khususnya untuk belajar ilmu perkopian, juga lokasi untuk berfoto.

1. Pengalengan, Jawa Barat

Kece, 7 Wisata Kebun Kopi yang Bisa Mempercantik Feed InstagramIDN Times/Hanum Putri Anjani

Kopi Malabar tumbuh subur di daerah ini. Salah satu produk yang terkenal adalah Malabar Mountain Coffee. Pemiliknya mempersilakan tamu berputar keliling kebun seluas kurang lebih 70 hektare itu.

Di sana juga ada sebuah danau yang indah. Sembari menikmati kopi langsung di kebun kopi, kamu bisa memancing di danau buatan tersebut. Tempat itu pun cocok untuk kemping.

2. Dayan Gunung, Lombok Utara

Kece, 7 Wisata Kebun Kopi yang Bisa Mempercantik Feed Instagraminstagram.com/icallvalas

Kebun kopi di daerah ini memang cukup hits. Muda-mudi sengaja mengunjungi lokasi itu untuk selfie, lantas diunggah ke media sosial. Letaknya tak jauh dari jalan pendakian Rinjani melalui jalur Senaru. Meski berada di jalur para pendaki, untuk menjangkau lokasi, tak diperlukan track yang sulit.

3. Kintamani, Bali

Kece, 7 Wisata Kebun Kopi yang Bisa Mempercantik Feed InstagramIDN Times/Hanum Putri Anjani

Bali tak sekadar punya pantai, sawah, atau gunung, tapi juga kebun kopi. Di Kabupaten Bangli tepatnya, ada agrowisata yang mengajak turis untuk memetik dan minum kopi langsung di kebunnya. Lahannya cukup luas. Udaranya sejuk lantaran terdapat di dataran tinggi, yakni 1.200 mdpl.

4. Bolokan, Toraja

Kece, 7 Wisata Kebun Kopi yang Bisa Mempercantik Feed Instagraminstagram.com/nurularfiani_

Di sana ada sebuah perusahaan penghasil kopi, namanya PT Sulotco. Produknya pun dinamai kopi Sulotco. Untuk menuju lokasi tersebut, perlu perjalanan panjang menembus kelokan tajam.

Dulu, kebun itu kabarnya milik seorang warga Belanda bernama H.J. Stock van Dykk. Setelah merdeka, kebun ini dikelola PT Sulotco, yang sejatinya berkantor di Surabaya. Luas lahannya mencapai hampir 1.200 hektare. Sebanyak 800 hektare di antaranya digunakan sebagai lahan untuk menanam kopi.

Baca juga: 11 Aturan Minum Kopi yang Harus Dipahami, Manfaatnya Lebih Terasa

5. Kebun Kopi Karanganyar, Blitar

Kece, 7 Wisata Kebun Kopi yang Bisa Mempercantik Feed Instagraminstagram.com/tasya_md

Kebun kopi di daerah itu naik daun lantaran dikunjungi para traveler hits. Usut punya usut, kebun tersebut dikelola oleh PT Harta Mulia. Sejak dibuka awal 2016 lalu, keberadaannya tak pernah sepi pengunjung. Sebab, ada sebuah daya tarik yang magis, yang membuat pengunjung datang membanjir.

Selain panorama, ada bangunan menyerupai benteng kuno. Bangunan ini dimanfaatkan menjadi sebuah kafe yang jadi tempat nongkrong anak-anak muda.

6. Gayo, Aceh

Kece, 7 Wisata Kebun Kopi yang Bisa Mempercantik Feed Instagraminstagram.com/eka_suadnyana96

Barangkali, hampir semua orang kenal Gayo. Tanah di daerah ini sukses menghasilkan kopi terenak, kopi Gayo, yang kesohor hingga luar negeri. Gak cuma kopinya yang enak, kebunnya juga elok untuk dikunjungi. Berada di dataran tinggi di Aceh Tengah membuat kebun ini dijadikan lokasi bertamasya mencari hawa sejuk dan hijau-hijauan yang menyegarkan mata.

7. Temanggung, Jawa Tengah

Kece, 7 Wisata Kebun Kopi yang Bisa Mempercantik Feed InstagramIDN Times/Hanum Putri Anjani

Ada kebun kopi robusta terkenal di sana, sekalian tempat pemrosesannya bernama Rumah Kopi Temanggung. Letaknya di Desa Kedu, Temanggung, Jawa Tengah. Di sana, pemandangan hamparan kopi beserta jajaran gunung yang indah mampu membelalakkan mata. Tentu menyajikan lanskap yang tak bisa dilupakan.

Sudah siap mengepak ransel? Yuk!

Baca juga: Jangan Ngaku Pecinta Kopi kalau Belum Tahu 10 Fakta Uniknya Ini