Hotel yang Cocok untuk Backpackeran ke Jakarta, Hemat Beb!

Gak bikin kantong jebol

Hotel yang Cocok untuk Backpackeran ke Jakarta, Hemat Beb!booking.com

“Hotel di Jakarta mahal-mahal. Kalau ada yang murah, pasti lokasinya di gang-gang sempit atau kompleks padat penduduk.”

Ungkapan itu sering menjadi momok buat para traveler low budget saat berkunjung ke kota megapolitan sekelas Jakarta. Bayangan penginapan dengan harga selangit kerap menjadi faktor utama yang membuat traveler emoh melancong ke Ibukota, sehingga memilih menyambangi daerah lain.

Nyatanya, banyak hotel berstandard internasional dengan harga kelas melati.

Kalau kamu mau lebih cermat, kota yang terkenal dengan ikon Monasnya itu ternyata memiliki hotel berstandar internasional dengan harga melati lho.

Semisal Hotel Ibis Budget di Jakarta Pusat. Hotel ini telah berdiri satu tahun. Lokasinya berada tepat di jantung kota, yakni di Jalan Tanah Abang 2 nomor 35, dikelilingi pusat-pusat pemerintahan, pertokoan dan pusat perbelanjaan, serta perusahaan-perusahaan kelas kakap.

Jaraknya dengan Monas ibarat hitungan jengkal. Meski demikian, lokasi yang terlampau strategis ini tak membuat Ibis Budget membanderol harga terlampau mahal.

Berapa harganya? Hanya berkisar Rp 338 ribu! Nah, menilik lokasinya yang berada di pusat kota, mengapa hotel ini bisa begitu murah? Seperti apa sih sensasi menginap di hotel yang bermahkotakan label “budget” itu?

IDN Times berkesempatan bermalam di sana. Kesan pertama yang didapat adalah hotel ini berdesain minimalis, elegan, homey, modern, dan simple. Lantas, seperti apa rinciannya?

Baca Juga: Mau Kemping Saat Weekend? Pergi ke Tempat Wisata Bandung Ini Saja!

Keunikan kamar: simple, modern, dan lucu!

Kamar hotel ini berukuran 14 meter persegi. Yup, ukuran kamar memang tak seluas hotel-hotel bintang tiga atau empat lainnya. Namun, lumayan banget untuk hotel yang membanderol harga tak sampai setengah juta itu.

Setiap kamar dilengkapi fasilitas TV LED, air mineral, handuk, ruang makeup yang simple, wastafel, dan toilet serta kamar mandi yang lucu! Mengapa lucu? Karena kamar mandi ini berbentuk cubical. Jadi, saat sedang mandi, tamu merasa sedang berada di dalam tabung kaca.

Keunikan tak berhenti sampai di situ. Saat air keluar, shower memancarkan cahaya warna-warni dari lampu yang tertanam di dalamnya. Ada hijau, biru, atau juga ungu. Lalu, di kamar, tak terdapat lemari. Lantas bagaimana tamu menyimpan baju?

Terdapat sejumlah gantungan baju yang menempel di dinding dekat dengan TV. Kamu bisa menggantung baju di situ. Di sampingnya tedapat cermin panjang yang bisa dipakai untuk berhias diri.

Di samping tempat tidur, terdapat jendela kaca mungil dengan lanskap cityscape. Kebetulan, kami menempati kamar yang terletak di lantai paling atas, yakni lantai tujuh.

Dari lantai tersebut, tampak Tugu Monas yang berdiri gagah. Kalau malam, tugu bersejarah tersebut memancarkan kemilau warna ungu. Tamu bisa membuka jendela saat malam, merasakan sensasi tidur menghadap Monas.

Ibis Budget Jakarta Tanah Abang punya 135 kamar. Semuanya terbagi atas dua kelas, yakni kelas standar dan bunk bed. Bunk bed memiliki konsep yang tak biasa. Kamar ini bisa diisi tiga orang tanpa ekstra bed. 

Sebab, di kamar tersebut, terdapat tambahan bed tingkat, mengadopsi konsep dormitory. Harga untuk kamar ini lebih mahal Rp 100 ribu dari harga kamar standar. Tambahan harga tersebut sudah termasuk sarapan.

Ada dispenser di setiap koridor.

Cocok buat traveler low budget yang selalu bawa botol minum ke mana-mana.  Di setiap koridor menuju kamar, di balik pemandangan yang didominasi warna kuning dan biru, terdapat dispenser untuk air biasa dan panas. Jadi lebih hemat, kan?!

Semua serba mandiri, seperti di rumah sendiri.

Yup, konsep hotel budget ini membawa kita mengurus diri sendiri. Ibaratnya masuk hotel ya seperti masuk rumah sendiri. Tak ada pengantaran sampai kamar, tak ada room service, atau servis lainnya.

Namun hal ini justru mengasyikkan. Kita jadi merasa tak sedang di hotel. Rasanya pun tidak kaku. Meski demikian, lima kebutuhan dasar yang diperlukan dalam sebuah hotel, meliputi bed, shower, entertaint (TV Channel), AC, dan Wi-Fi semua terpenuhi.

Meski hotel budget, Ibis punya ruang untuk fitness.

Hal ini agak membuat terkejut. Umumnya, hotel-hotel sekelas budget tak memiliki fasilitas gym. Namun, Ibis Budget Jakarta Tanah Abang menyediakannya untuk tamu. Letaknya di lantai dua.

Tamu bisa meminta akses kepada resepsionis bila ingin nge-gym. Memang, ruang gym-nya tak terlalu besar dengan varian alat yang tak cukup lengkap. Namun, lumayan untuk sekadar membakar kalori setelah berwisata kuliner semalaman.

Dengan konsep sweet bed-nya, hotel ini pas untuk sekadar disinggahi selepas lelah jalan-jalan. Keperluannya memang buat datang, mandi, lalu nonton TV sebentar lantas tidur. Nah, kalau mau menikmati jaringan hotel Ibis sebagai leisure, kamu bisa memilih Ibis Styles atau Ibis Merah.

Baca Juga: 10 Video Klip Penyanyi Ini Menonjolkan Pesona Indonesia, Keren!

Read More
Line IDN Times
ARTIKEL REKOMENDASI