Bagi kamu yang berniat liburan ke Thailand di tahun ini, ada baiknya kamu mulai memilih-milih tanggal keberangkatanmu mulai dari sekarang. Buat perjalananmu ke Thailand lebih spesial dengan memastikan jadwal jalan-jalanmu yang bertepatan dengan diadakannya ragam festival unik di Negeri Gajah Putih tersebut.

Kapan lagi kan, kamu bisa turut serta menyaksikan dan juga berpartisipasi lansung dalam festival yang cuma diadakan satu kali dalam setahun ini? Nah, untuk membantumu menyusun agenda liburanmu ke Thailand, berikut 5 jadwal festival yang akan dilangsungkan di Thailand pada tahun 2018.

1. Festival Songkran

Catat Tanggalnya, 5 Festival Unik Ini Bakal Dihelat di Thailand Tahun 2018thailandculturetravel.com

Festival Songkran atau festival air merupakan festival yang dilaksanakan saat tahun baru Thailand tiba. Semua orang akan berkumpul dengan 'senjata' nya masing-masing untuk menyiramkan air pada orang-orang di sekitarnya. Gajah-gajah pun ikut serta dalam festival ini lho. Masyarakat Thailand percaya bahwa air merupakan media untuk pembersihan diri, terutama dalam menyambut datangnya tahun baru. Hanya ada satu kata untuk festival ini, BASAH.

Festival Songkran akan diselenggarakan mulai tanggal 13 hingga 15 April.

2. Festival Roket (Bun Bang Fai)

Catat Tanggalnya, 5 Festival Unik Ini Bakal Dihelat di Thailand Tahun 2018asiadmc.com

Bun Bang Fai merupakan festival roket yang diadakan di Provinsi Yasothon, Thailand. Menurut sejarahnya, festival ini dilaksanakan sebagai bentuk permintaan kepada dewa untuk menurunkan hujan. Masyarakat di Provinsi Yasothon dalam beberapa kelompok akan bekerjasama dalam membuat roket dari bambu berukuran sekitar 6 meter yang kemudian akan ditembakkan ke udara. Kelompok dengan roket yang membumbung paling tinggi ke angkasa akan diberikan sejumlah uang sebagai hadiah. Selain acara utama tersebut, juga akan ada parade di jalan raya, pertunjukan budaya serta kontes kecantikan.

Dilansir dari Carnifest, Bun Bang Fai akan dihelat pada tanggal 4 Mei dan akan berlangsung selama dua hari.

3. Festival Hantu (Phi Ta Khon)

Catat Tanggalnya, 5 Festival Unik Ini Bakal Dihelat di Thailand Tahun 2018thailandculturetravel.com

Jangan keburu takut dulu, ya dengan namanya yang disebut festival hantu. Acara Phi Ta Khon yang diadakan di Provinsi Loei, Thailand selama tiga hari ini tak akan mempertemukanmu dengan hantu beneran kok. Dilansir dari Asean Tourism, di hari pertama festival yang disebut Boon Prawat, akan ada parade pemuda yang menari dengan memakai topeng yang terbuat dari dahan pohon kelapa. Para pemuda inilah yang nantinya akan menakuti-nakuti para penonton yang ikut serta menyaksikan parade.

Festival hantu ini biasanya diselenggarakan antara bulan Maret hingga Juli. Tahun ini Phi Ta Khon diperkirakan akan dilaksanakan mulai tanggal 15 Juni.

4. Festival Lentera Chiang Mai (Yi Peng)

Catat Tanggalnya, 5 Festival Unik Ini Bakal Dihelat di Thailand Tahun 2018Youtube.com/Just One Way Ticket

Thailand juga mempunyai festival lenteranya sendiri yang disebut dengan Yi Peng. Berbeda dengan festival serupa berjuluk Loy Krathong yang menghanyutkan lentera ke sungai, dalam festival yang digelar di Chiang Mai ini, partisipan akan menerbangkan lentera kertas ke udara, sebagai simbolisasi dari menghilangkan kecemasan dan ketakutan yang dirasakan. Saat semua lentera berhasil dilepas ke udara, kamu bisa bisa menyaksikan indahnya langit dihiasi dengan ribuan cahaya dari lilin lentera yang berpendar dengan terangnya.

Festival Yi Peng kemungkinan digelar di akhir bulan November, 2018.

5. Festival Monyet Lopburi

Catat Tanggalnya, 5 Festival Unik Ini Bakal Dihelat di Thailand Tahun 2018worldbesthostels.com

Di Provinsi Lopburi. Thailand, ada festival khusus yang diadakan untuk menghormati gerombolan monyet yang mendiami daerah mereka. Hal ini mereka lakukan, karena mereka meyakini bahwa monyet-monyet tersebut merupakan keturunan dari Dewa Hanoman, dewa yang menurunkan keberuntungan dan memberikan umur panjang. Dalam festival yang digelar di kompleks Phra Prang Sam Yod ini, gunungan makanan serta meja berisi hidangan digelar untuk dinikmati oleh sekitar 4000 monyet yang ada disana. Selain itu, akan ada juga parade yang pesertanya memakai kostum monyet.

Festival Monyet Lopburi akan digelar pada tanggal 24 November mendatang.

Gak diragukan lagi, 5 festival Thailand ini penuh dengan nilai-nilai budaya dan keunikannya masing-masing. Kalau kamu sendiri, festival mana yang paling membuatmu merasa penasaran dan ingin menyaksikannya secara langsung?

ghafsari

Thriller is not my cup of tea.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.