Istanbul tak dapat dimungkiri kini jadi salah satu destinasi wisata paling diminati turis Indonesia bahkan dunia. Pelesir ke Istanbul memungkinkan kita untuk menginjak tanah Eropa dan Asia sekaligus. Belum lagi jejak kejayaan Turki Utsmani yang melimpah bisa kita saksikan di sana, mulai dari bangunan, pelabuhan, sampai masjid-masjidnya yang megah.

Galata Tower, Grand Bazaar, Istiklal Street, Topkapi Palace, Gülhane Park, Hagia Sophia, Blue Mosque, dan sejumlah masjid serta museum lainnya tentu biasa terlintas dalam benak kita saat mendengar nama Istanbul disebut. Namun kali ini coba tengok juga beberapa lokasi di Istanbul yang meskipun mungkin masih asing di telinga tetapi gak kalah seru buat mewarnai liburan ke kota di Turki ini.

1. Kompleks Fener dan Balat

5 Spot di Istanbul yang Seru Buat Dikunjungi, Keren Buat Feed Instagram!Instagram.com/istanbul

Merupakan situs warisan UNESCO, dua kawasan di distrik Fatih ini dulunya dikenal sebagai pemukiman orang-orang Yahudi dan Kristen. Sebelum pecah Perang Dunia, penduduk Muslim, Kristen dan Yahudi tinggal berdampingan di sini dengan damai. Mereka suka bercengkerama di depan teras pada malam-malam musim panas dengan mengambil kursi rumah masing-masing sambil ngeteh atau ngemil.

Pernah ditinggalkan penduduknya, kini Fener dan Balat bergeliat lagi. Kafe dan toko-toko buka kembali. Sementara itu, bangunan rumahnya masih tampak kokoh dan cantik dengan cat dinding warna-warni. Gaya arsitekturnya begitu khas dan bisa jadi spot yang instagramable.

2. Pierre Loti Tepesi

5 Spot di Istanbul yang Seru Buat Dikunjungi, Keren Buat Feed Instagram!Instagram.com/istanbul

Pierre Loti Tepesi atau Pierre Loti Hill letaknya tidak jauh dari Balat. Alkisah seorang penulis asal Perancis datang ke Istanbul di usianya yang masih 20an tahun. Ia tidak hanya jatuh cinta pada kota Istanbul melainkan juga terpikat pada pesona perempuan Turki bernama Aziyade yang kemudian ia abadikan dalam salah satu novelnya.

Dialah Pierre Loti a.k.a. Julien Viaud yang konon dulu kerap duduk-duduk di kafe di kawasan Eyup. Pada masa itu, konon kafenya bernama Rabia Kadin Kahvesi. Sebagai bentuk penghormatan padanya, kini kafe tersebut berikut kawasan bukitnya dinamai dengan namanya.

Kita akan mengerti mengapa Pierre Loti bisa jatuh hati pada Istanbul begitu menyaksikan pemandangan di bukit ini. Tampak dari bukit dengan ketinggian 55 mdpl itu, perairan Golden Horn yang memisah kota Istanbul. Sementara di seberangnya terdapat perumahan, gedung, dan menara-menara masjid yang menjulang tinggi.

3. Kompleks Kuzguncuk

5 Spot di Istanbul yang Seru Buat Dikunjungi, Keren Buat Feed Instagram!Instagram.com/istanbul

Di sisi benua Eropa ada Fener dan Balat, di sisi benua Asia ada Kuzguncuk yang kompleks perumahannya juga tak kalah indah. Saat diperhatikan, perumahan di Kuzguncuk tampak lebih banyak ukiran dan pahatan dengan warna dinding yang lebih bernuansa gelap daripada rumah-rumah yang ada di Fener dan Balat. Di kompleks ini juga terdapat banyak kafe serta toko-toko barang kerajinan yang menanti kedatangan para wisatawan.

4. Mim Kahve

5 Spot di Istanbul yang Seru Buat Dikunjungi, Keren Buat Feed Instagram!Instagram.com/mimkahve

Tak jauh dari kompleks Kuzguncuk, ada kafe yang sesuai selera anak muda di daerah Üsküdar. Mim Kahve namanya, diambil dari salah satu huruf hijaiyah. Dari luar mungkin terlihat biasa saja, namun begitu masuk kita akan disambut dengan interior yang mengesankan.

Mulai dari barang-barang antik seperti mesin ketik, televisi jadul, dan kamera film sampai lukisan dinding tokoh legendaris, piring keramik, dan benda-benda unik lainnya. Terdapat koleksi buku yang bisa dibaca di tempat, tetapi mungkin sulit kita pahami karena menggunakan bahasa Turki.

Selain itu, kafe yang ini juga bisa ditemui di daerah Eminönü, di Istanbul bagian Eropa. Pemandangan dari sana cukup menakjubkan. Dari balik jendelanya, kita bisa melihat Galata Tower yang pucuknya menjulang ke angkasa. Sebagaimana kebiasaan penduduk lokal, kafe ini tentu saja menyediakan menu teh Turki yang disajikan dalam gelas khas mereka.

5. Ota─čtepe Fatih Korusu

5 Spot di Istanbul yang Seru Buat Dikunjungi, Keren Buat Feed Instagram!Instagram.com/istanbul

Kembali ke Istanbul bagian Eropa, terdapat cagar alam dengan pemandangan yang mengesankan. Warga lokal biasa menyebutnya dengan Ota─čtepe Park atau Tema Park. Dari sini, kita bisa melihat Jembatan Bosphorus ke-2 alias Jembatan Fatih Sultan Mehmet.

Tampak pula perbukitan Istanbul yang menawan. Lupakan dulu kafe dan restoran, kita bisa penuhi rongga dada dengan udara segar di taman yang penuh dengan bunga dan pohon ini.

 

Kalau sedang berada di Istanbul, jangan sampai kelewatan menyambangi kelima tempat ini!

BONUS 1000 POIN: Terbitkan 5 artikel dengan kategori News World, Sport, Travel & Women

Henny Alifah

collecting stories

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.