7 Surga Dunia di Indonesia yang Gak Bisa Dilewatkan Para Traveler

Indonesia punya banyak surga dunia

7 Surga Dunia di Indonesia yang Gak Bisa Dilewatkan Para Travelerflyandsea.com

Line IDN Times

Indonesia merupakan negara indah yang terdiri dari ribuan pulau. Namun, pilihan wisata kebanyakan orang mentok di tempat yang itu-itu saja. Tapi tahu gak sih, Indonesia sebenarnya menyimpan banyak surga dunia yang belum tentu orang tahu dan masih bisa kita eksplor keindahannya.

Pas banget, kali ini IDN Times bakal ngasih info mengenai tujuh hidden paradise yang ada di Indonesia. Tentunya, tujuh tempat ini bakal menjadi tempat yang pas untuk koleksi album foto jalan-jalanmu. Yuk, disimak!

1. Pantai Ora

Sebagian orang mungkin familiar dengan Pulau Seram di Provinsi Maluku. Bagaimana dengan Pantai Ora? Bagi yang belum pernah mendengarnya, wajar kok. Karena letaknya yang tersembunyi di Pulau Seram serta cara mencapainya yang relatif sulit dan panjang, jarang orang tahu bahwa ada tempat seindah ini. Namun begitu sampai, kamu akan menyaksikan pantai yang diselimuti oleh barisan pegunungan dan air laut yang jernih. Buat kamu yang suka snorkeling, cocok nih!

2. Wakatobi

Terletak di Sulawesi Tenggara, Wakatobi merupakan Taman Nasional Laut terbesar kedua yang ada di Indonesia. Tak heran, Wakatobi menjadi tempat bagi sekitar 90% jenis karang yang ada di dunia serta lebih dari 900 spesies hewan laut. Sehingga Wakatobi dapat dengan mudah menjadi salah satu tempat favorit para diver, baik dari Indonesia maupun luar negeri. Keren, ya!

3. Kalibiru, Raja Ampat

Kalian pasti sudah tahu bahwa keindahan Raja Ampat memang tiada duanya. Tapi ada satu tempat di Raja Ampat yang barang kali banyak orang tidak tahu. Ya, Kalibiru namanya. Terletak di Desa Warsambin, Teluk Mayabilit, Raja Ampat, Kalibiru merupakan sungai kecil dengan warna air yang biru jernih. Untuk mencapainya, kamu hanya perlu berjalan kaki selama sekitar 20 menit ke tengah hutan. Sesampainya di sana, Kalibiru akan menjadi tempat yang apik untuk kamu berfoto-foto.

Mengingat sulitnya medan yang harus dilalui untuk mencapai Kalibiru, tentu urusan barang bawaan jadi perhatian. Nah, untuk memudahkan kamu menangkap momen keindahan Kalibiru, kamu butuh kamera yang mudah dibawa ke mana saja. Salah satunya adalah compact camera dari Panasonic Lumix, yaitu Lumix TZ90 yang muat di dalam saku sehingga gampang dibawa. Kamera ini sudah memiliki fitur 4K, sehingga kamu bisa menghasilkan foto dan video dengan resolusi yang lebih besar. Selain itu, Lumix TZ90 juga memiliki layar LCD yang dapat diputar hingga 180 derajat.

4. Pulau Nikoi

Jika kamu butuh privasi, mengunjungi Pulau Nikoi adalah pilihan tepat karena merupakan pulau privat sehingga kamu tidak terganggu oleh wisatawan lain. Terletak di dekat Pulau Bintan, Pulau Nikoi menyajikan tempat liburan yang tiada duanya. Bagi kamu yang hobi menyelam, Pulau Nikoi juga menyediakan kehidupan hewan laut serta karang yang indah untuk dinikmati.

5. Nusa Penida

Mungkin kamu bosan dengan Kuta atau Sanur di Bali. Lalu gimana dengan Nusa Penida? Meski jaraknya agak jauh dari Bali, Nusa Penida menyajikan panorama Bali yang belum banyak tersentuh oleh dunia luar.

Kebanyakan orang yang ke sana biasanya hanya berencana untuk snorkeling di sekitar pantainya. Namun jika kamu memiliki waktu, coba deh eksplor pulaunya lebih jauh. Ada banyak tempat yang akan membuat kamu takjub, seperti pantainya yang bersih hingga air terjun. Salah satu spot yang wajib dikunjungi adalah Broken Beach di mana terdapat formasi bebatuan membentuk jembatan yang membelah lautan.

6. Pulau Halura

Pusing dengan keramaian kota dan butuh tempat yang terbebas dari asap knalpot kendaraan? Pulau Halura adalah tempat yang cocok buat kamu. Terletak di Sumba, Nusa Tenggara Timur, mungkin banyak orang yang belum mengetahui keberadaan pulau ini.

Selain jauh, untuk mencapai ke sana juga medannya cukup sulit. Namun, pengorbanan untuk mencapai ke sana akan terbayarkan karena begitu sampai, kamu akan menemukan pantai dengan pasir putih yang lembut dan pemandangan laut kelas dunia.

Buat yang hobi fotografi, tentu kamu gak akan menghilangkan kesempatan untuk mengabadikan momen tersebut untuk menghiasi feeds media sosial kamu. Nah, untuk mendapatkan hasil foto yang berkualitas, kamu membutuhkan kamera yang mumpuni. Salah satunya adalah kamera mirrorless Panasonic Lumix GX85 yang memiliki image stabilization ganda sehingga meski tanpa tripod, hasilnya akan tetap terlihat jelas.

Meski bodinya kecil, tapi Lumix GX85 sudah memiliki fitur canggih, seperti mampu merekam video dalam format 4K dan adanya fitur Post Focus. Fitur Post Focus ini bisa membuat kamu menentukan fokus objek setelah gambar tersimpan. Dengan semangat #LibertyToDiscover alias kebebasan untuk menemukan hal baru, tentunya setiap foto yang kamu ambil memiliki ceritanya masing-masing.

7. Taman Nasional Tanjung Puting

Tidak hanya berupa pemandangan, Indonesia juga surganya hewan endemik. Salah satunya tentu saja orangutan. Terletak di Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Taman Nasional Tanjung Puting merupakan “rumah” bagi spesies orangutan Kalimantan yang diancam kepunahan. Tidak hanya orangutan, Tanjung Puting juga merupakan tempat bagi lebih dari 200 spesies burung. Jika kamu berniat ke sana, hati-hati juga ya sama buaya yang melintas di sungainya!

Itu dia daftar tujuh surga dunia tersembunyi yang ada di Indonesia. Dapat memotret indahnya tempat-tempat tersebut memang membuat kita bersyukur akan kekayaan alam Indonesia. So, enjoy the moment and have a #LibertyToDiscover something new!

 

Read More
ARTIKEL REKOMENDASI