Nggak Cuma Bali! Inilah 7 Destinasi Bulan Madu dalam Negeri yang Bernuansa Romantis

Indonesia memiliki banyak destinasi romantis. Inilah destinasi bulan madu dalam negeri selain Bali yang layak untukmu dan pasangan!

Nggak Cuma Bali! Inilah 7 Destinasi Bulan Madu dalam Negeri yang Bernuansa Romantis Sasint

Line IDN Times

Bali memang sudah menjadi ikon pariwisata di Indonesia. Keragaman budaya dan keindahan alam yang dimiliki pulau dewata ini kerap menjadi alasan banyak pasangan menjadikannya sebagai destinasi bulan madu.

Namun, jika Bali terdengar terlalu mainstream, kamu bisa mencoba berbagai destinasi dalam negeri lainnya yang nggak kalah romantis, lho!

1. Kampung Sampirun, Jawa Barat

Untuk kamu yang nggak begitu suka perjalanan jauh, destinasi ini bisa jadi pilihan yang tepat. Kampung Sampireun merupakan sebuah resort berfasilitas lengkap yang berada di Desa Sukakarya, Samarang Garut.

Kamu bisa menghabiskan suasana romantis berdua di pondokan rumah panggung dengan pemandangan langsung danau. Udara sejuk dan segar juga bisa kamu rasakan di desa yang berada di ketinggian 1000 mdpl (meter di atas permukaan laut) ini.

Salah satu aktivitas romantis lain yang bisa kamu lakukan di Kampung Sampireun adalah mendayung perahu bersama pasangan. Untuk kamu penyuka bulan madu santai dan sederhana, Kampung Sampierun bisa masuk dalam pilihan destinasi kamu!

2. Nusa Tenggara

Nusa Tenggara memang terkenal dengan pulau-pulaunya yang indah dan eksotis. Nusa Tenggara sendiri terdiri dari beberapa pulau kecil (Gili) yang memiliki keunikan masing-masing. Beberapa Gili yang bisa kamu jadikan tujuan wisata romantis bersama pasangan adalah Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Nanggu.

Ketiga Gili ini memiliki pantai indah dengan air laut yang jernih serta kebiruan. Kondisi alam yang masih sangat asri dijamin menyegarkan suasana hati. Bersama pasangan, kamu bisa menikmati indahnya matahari terbenam hingga bermain air di pantai bersama. Romantis banget, bukan?

3. Belitung

Pulau Belitung sempat populer ketika diangkat dalam film Laskar Pelangi. Tapi, wajar saja orang tertarik pada pulau satu ini, mengingat bahwa Belitung memiliki hamparan alam yang eksotis. Pulau ini masih terbilang sepi dan juga bersih. Cocok sekali untuk dijadikan lokasi mojok bersama pasangan ketika berbulan madu.

Jika kamu memutuskan untuk menghabiskan bulan madu di Belitung, jangan lupa sempatkan untuk menikmati keindahan bawah lautnya ya.

4. Pulau Ora Maluku

Berbicara mengenai bentang alam yang eksotis, Indonesia bagian timur memang nggak akan bisa dikalahkan. Salah satu rekomendasi tempat wisata romantis yang cocok untuk berbulan madu adalah Pulau Alor yang berada di kepulauan Maluku.

Kamu bisa menghabiskan hari-hari romantis kamu bersama pasangan dalam bungalo yang berada di atas laut. Air laut yang jernih juga memungkinkan kamu memandang berbagai biota laut yang hidup di bawahnya. Sensasi yang sangat menarik, apalagi jika kamu mengunjunginya bersama orang terkasih.

Selain laut dan pantai, di pulau ini masih ada banyak keindahan alam yang bisa kamu nikmati, seperti tebing dan pegunungan yang bisa kamu jelajahi bersama pasangan.

5. Raja Ampat

Destinasi satu ini memang sedang naik daun. Meskipun jaraknya yang cukup jauh, namun keindahan yang ditawarkan oleh Raja Ampat tetap layak untuk kamu kunjungi, paling tidak sekali dalam seumur hidup.

Ragam hayati di daerah ini sangat berlimpah. Mulai dari 1.511 spesies ikan hingga 540 jenis karang, semuanya bisa kamu temukan di pulau ini. Kamu bisa menikmati _snorkeling_, mendayung kayak, hingga menyelam bersama pasanganmu di Raja Ampat.

Nggak melulu aktivitas air, di sini kamu dan pasangan bisa menjelajah gua kelelawar besama atau melakukan treking di dalam hutan. Untuk mengunjunginya kamu direkomendasikan untung datang pada bulan Oktober ke November karena pada priode ini laut di daerah tersebut lebih tenang.

6. Jogjakarta

Jogjakarta memang terkenal sebagai kota pelajar. Tapi, sebenarnya kota ini cukup romantis untuk kamu jelajahi bersama pasangan. Selain harga yang murah, Jogja juga termasuk kota yang kaya akan budaya dan pemandangan alam.

Selain bisa menikmati makanan angkringan di sepanjang Malioboro sambil berburu berbagai kuliner lezat, kamu juga bisa menikmati berbagai situs bersejarah mulai dari Candi Borobudur, Prambanan, hingga Ratu Boko. Selain itu, Jogja juga menyimpan keindahan alam yang layak dikunjungi. Kamu bersama pasangan bisa mengunjungi pantai Parangtritis ataupun Kalibiru.

Banyak sekali bukan pilihan aktivitas di kota satu ini?

7. Derawan

Satu lagi destinasi bulan madu yang nggak kalah dengan lokasi luar negeri. Jika kamu sempat bermimpi untuk ke Maladewa, kamu bisa menemukan keindahan serupa pada sebuah pulau di Kalimantan Timur yang bernama Derawan. Derawan sendiri termasuk salah satu pulau terluar Indonesia.

Meski nun jauh di sana, Derawan dilengkapi berbagai resort mewah, lho. Beberapa di antaranya berbentuk bungalo di atas laut dangkal yang memiliki air jernih dan kebiruan. Bisa dibayangkan bikin bertapa romantisnya jika kamu bermalam di Derawan.

Aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini mulai dari menyelam, snorkeling, dan juga memancing di laut.

 

Indonesia memang penuh dengan berbagai spot yang romantis, bukan? Tentunya selain memilih tempat yang tepat, kamu perlu perencanaan yang matang sebelum melakukan perjalan bulan madu. Mulai dari anggaran hingga itinary, semuanya harus benar-benar dipikirkan jauh-jauh hari.

Jika semua sudah kamu lakukan, tinggal buka layanan online seperti Skyscanner dan pilih destinasi favorit kamu! Selain tiket pesawat, kamu juga bisa menemukan tempat menginap hingga penyewaan transportasi untuk membuat bulan madu kamu makin sempurna. So, semoga bulan madu dalam negeri kamu menyenangkan!

Yohannes Markus

Mantan mahasiswa Arsitektur yang tengah mengumpulkan Dragon Ball || Contributor di Travelnstory.com, Markusyon.wordpress.com, dan blog-blog abrusb lainnya || Bisa diganggu lewat mail.yohannesmarkus@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Read More
ARTIKEL REKOMENDASI