Ke Sini Deh, Supaya Tahu Pesona Pantai Klayar di Pacitan yang Indah Banget!

Keindahannya gak kalah dengan pantai di Bali atau Lombok!

Ke Sini Deh, Supaya Tahu Pesona Pantai Klayar di Pacitan yang Indah Banget!Instagram.com/ shandyrahardian

Line IDN Times

Garis pantai yang melintang di sepanjang selatan Jawa memang menyimpan segudang keindahan bahari yang sayang untuk dilewatkan. Pesona-pesona pantainya bisa dikatakan tiada habisnya. Bahkan ada juga pantai-pantainya yang dianggap surga karena letaknya yang tersembunyi dan sulit dijangkau.

Jawa Timur sendiri merupakan salah satu wilayah yang memiliki ragam pantai nan indah. Terutama di wilayah Pacitan. Tak hanya dikenal sebagai Kota Seribu Gua karena menyimpan banyak wisata gua, Pacitan juga dikenal dengan pesona pantainya yang memesona.

Dan salah satu pantainya yang kali ini akan dibahas adalah Pantai Klayar. Bila kamu suka berlibur ke pantai, maka penulis dengan bangga merekomendasikan Pantai Klayar sebagai destinasi kamu selanjutnya. Karena Pantai Klayar ini punya pesona pantainya sendiri yang bikin kamu ingin menjelajahi setiap inci bagiannya. Gak perlu berlama-lama, langsung saja penulis berikan informasinya di bawah ini!

1. Keindahannya Sudah Bisa Dilihat Dari Pintu Masuk!

Kebetulan untuk mencapai Pantai Klayar ini kita harus mewati gunung yang jalannya sudah pasti menanjak dan berliku. Tapi gak perlu khawatir karena akses ke Pantai Klayar ini tak terbilang ekstrem dan bahkan sangat mulus. Apalagi kalau sudah tiba di lokasi dan melewati pintu masuk, lamanya perjalanan yang kamu tempuh akan terlupakan seketika. Karena keindahan pantai sudah akan terlihat dari atas.

Seketika mata kamu akan dimanjakan dengan pemandangan lautnya yang lazuardi, dibarengi dengan bukit di kanan kirinya dan bebatuan besar yang menjulang di salah satu sudutnya. Dijamin, kamu langsung ingin cepat-cepat turun ke pantainya!

2. Tinggal Pilih, Mau Menikmati Pantai di Bawah atau Dari Atas

Begitu masuk area pantai, kamu akan mendapati dua bukit di bagian kanan dan kiri pantai. Itu bukan bukit mati alias bisa kamu kunjungi lho. Kalau kamu mau melihat dan menikmati pemandangan Pantai Klayar dari ketinggian lebih dulu sebelum basah-basahan, gak ada salahnya kamu untuk pergi ke bukitnya terlebih dahulu.

Salah satu bukitnya bisa kamu jangkau dari tempat masuk. Saat ke bawah, kamu bisa segera mengambil jalur ke kanan yang menanjak. Kebetulan jalannya pun tak terlalu sulit dan ekstrem. Ditambah banyak penjual di kanan kirinya, jadi kamu gak perlu takut kecapean demi menikmati keindahan alam yang hakiki.

3. Ada Spot Tersembunyi di Sudut Pantainya

Kalau biasanya setibanya di pantai kamu langsung menentukan tempat singgah, atau menggelar tikar dan pergi berenang, maka hal itu ada baiknya jangan kamu lakukan di Pantai Klayar ini. Pasalnya, pantai ini punya spot tersembunyi di sudut pantainya. Jadi ada baiknya kamu menjelajahi dulu pantai ini saat mulai menjejaki pasir pantainya. Berjalanlah menyusuri garis pantainya karena kamu akan menemukan spot tersembunyi yang indah di sana.

Pantai Klayar ini memiliki teluk berupa bebatuan yang menjulang. Tak ayal bebatuan tersebut akan memecah ombak laut yang mengarah ke teluk. Sensasi keindahan ombaknya pun akan bertambah saat ombak-ombak itu menabrak bebatuan. Karena akan ada ombak yang lolos dan membanjuri bebatuan sehingga menciptakan pemandangan seperti air terjun mini. Belum lagi himpitan bebatuan di kanan kiri teluk akan membuat gelombang laut yang meluncur mulus di tengah teluk terkesan sangat besar bak tsunami.

4. Gulungan Ombak yang Memesona

Sebab terletak di garis pantai selatan Jawa, tak heran bila ombak di Pantai Klayar ini tergolong besar. Bahkan saat penulis mengunjungi pantai ini di libur lebaran 2017, ombaknya tengah membesar sehingga pengunjung dilarang berenang oleh pengawas pantai. Pengunjung bahkan terus diwanti-wanti agar berhati-hati meski hanya bermain air laut di pinggir pantai.

Tapi bukan berarti tak boleh berenang membuat kesenangan di pantai ini jadi berkurang. Kamu bisa tetap duduk sambil bermain pasir dan air laut asalkan terus waspada. Apalagi bila sambil menikmati keindahan pantainya.

5. Menawarkan Jajanan yang Murah

Sebagai informasi tambahan, selain harga tiket masuk yang tergolong murah, warung-warung yang buka sepanjang bibir pantai ini mematok harga jajanan yang tergolong murah. Ini bisa menjadi nilai tambah pantai ini sebagai destinasi berlibur. Karena kebanyakan tempat wisata serupa pengunjung selalu dihadapi oleh momok jajanan yang mahal. Tapi untuk di sini kamu gak perlu khawatir.

Setidaknya dengan informasi tambahan ini kamu bisa lebih tenang karena berlibur yang menyenangkan tak harus yang menguras habis dompet melulu, kan?

Buat kamu yang hobi traveling atau punya banyak informasi serba-serbi soal travel dan liburan, sekarang saatnya kamu berbagi informasi lewat tulisan di IDN Times Community. Setiap artikel yang berhasil diterbitkan, kamu akan mendapatkan gratis 100 poin!

Rahardian Shandy

Fiction addict. Writer freelance, Cerpenis, Content Writer and become to novelist!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Read More
Line IDN Times
ARTIKEL REKOMENDASI