Peru merupakan salah satu pelopor terbentuknya hotel gantung di Amerika Selatan. Hotel tersebut berada pada ketinggian 400 meter di Gunung Sacred Valley. 

Hotel kapsul ini dapat menampung hingga 12 orang. Sepanjang hari, kamu akan merasakan pemandangan alam pedesaan yang sangat menawan. Per malamnya dibandrol sekitar Rp 6 jutaan.

Pertama di Indonesia, Inilah Hotel Gantung Tertinggi di Dunianaturavive.com

Nah, mengadaptasi dari hotel di Peru, Purwakarta membuat hotel sejenis yang bernama Pajajaran Anyar di Gunung Parang.

1. Pajajaran Anyar menjadi hotel gantung tertinggi Sedunia.

Pertama di Indonesia, Inilah Hotel Gantung Tertinggi di Duniafacebook.com/badegagnparang

Bupati Purwakarta bersama masyarakat pegiat panjat tebing, sekaligus operator Via Ferrata dan Badega Gunung Parang sudah memulai pembangunan sejak akhir 2014.

“Ide awalnya adalah kami ingin ada hunian atau penginapan di dinding Gunung Parang. Setelah melihat dan mengkajinya, ternyata ada contoh di Peru,” ujar Dhani Daelami, penggagas operator Badega Gunung Parang, seperti yang dikutip Kompas.com. "Maka, kami ambil ide seperti di Peru dengan beberapa perbaikan desain."

Tim arsitek ARCTech dan profesional ahli juga turut campur demi menghasilkan bangunan yang aman dan kokoh. Terdapat 11 ruangan dengan beragam ketinggian mulai dari 400 meter hingga 900 meter.

Maka dari itu, hotel Pajajaran Anyar berhasil mengalahkan ketinggian skylodge Adventure Suites di Peru yang hanya 400 meter.

2. Beragam fasilitas mewah hotel Pajajaran Anyar siap memanjakan para tamu.

Pertama di Indonesia, Inilah Hotel Gantung Tertinggi di Duniafacebook.com/badegagnparang

Setiap kamar berukuran 2,5 x 6 meter dengan ketinggian 8 meter, berkapasitas 4-5 orang. Meskipun berada di gunung, hotel akan menyediakan wifi. Selain itu juga tersedia twin bed atau double bed dan toilet.

Soal sarapan, para tamu harus berpindah kapsul dengan naik atau turun tebing terlebih. Hal ini disebabkan karena restoran hotel yang berada di kapsul khusus.

Setiap kamar akan menyuguhkan panorama alam yang berbeda-beda. Maka dari itu, harganya bervariasi tergantung tingkat ketinggian kamar yang kamu pesan. Per malamnya dibandrol sekitar Rp 3 sampai 10 juta. 

Baca juga: Pertama di Indonesia, Jembatan Kaca Ini Jadi Buruan Kids Zaman Now!

3. Hotel indah yang menguji adrenalin. Sudah siap?

Loading video...

Hotel ini dikhususkan untuk orang-orang yang ingin merasakan liburan penuh tantangan. Akses keluar masuk kapsul harus melalui via ferrata, zipline, dan rappelling.

Karena cukup beresiko, Dhani Daelami menetapkan safety briefing yang sangat disiplin kepada setiap pengunjung. Lebih amannya, terdapat recue team yang siap 24 jam dan CCTV di setiap jalur via feratta.

Semua terintegrasi secara online dan realtime yang bisa dimonitor tim Badega di mana pun, karena berbasis teknologi Android.

4. Tertarik untuk menginap di sini? Begini caranya!

Pertama di Indonesia, Inilah Hotel Gantung Tertinggi di Duniafacebook.com/badegagnparang

Dhani Daelami telah bekerja sama dengan beberapa online reservation website dan di website Badega Parang. Kamu juga bisa langsung menghubungi 087874708230 untuk pemesanannya.

Kapasitas pengunjung per harinya akan diatur agar tidak terjadi overload. Selain itu, ke depannya akan dibuatkan sistem pemesanan online sendiri untuk Pajajaran Anyar.

Yuk, segera rencanakan liburan seru bersama hotel Pajajaran Anyar di Gunung Parang. Satu-satunya di Indonesia lho!

Baca juga: Potensi Wisata Derawan Naik Terus, Tapi Dampaknya Justru Bikin Sedih