3 Alasan Pontianak adalah Kota Wisata Paling Unik di Indonesia

Jangan ngaku anak traveller jika belum pernah berkunjung ke tempat ini

3 Alasan Pontianak adalah Kota Wisata Paling Unik di Indonesiaiklankalbar.com

Line IDN Times

Berbicara tentang Pontianak, bukanlah hal yang sulit. Apalagi, ada banyak keunikan yang dapat anda temukan disana. Tentu perlu pertimbangan dalam mengkategorikan sesuatu yang termasuk ke dalam nominasi "paling menarik" Pertanyaan yang muncul apa benar ibukota Kalimantan Barat dapat menyandang predikat ini. Setidaknya, ada beberapa hal yang dapat dijadikan barometer dalam mendapatkan prestasi demikian, tidak ada di indonesia atau hanya ada di beberapa kota di tanah air kita. 

Ulasan ini, sedikit akan membahas mengapa Pontianak dapat dijadikan sebagai kota paling menarik dikunjungi saat liburan tiba. Untuk itu tulisan ini akan memberikan sedikit gambaran mengenai beberapa kegiatan yang seharusnya Anda hadiri saat sedang di Kalimantan Barat.

Jika kita menengok serangkai acara di Pontianak, ada beberapa alasan mengapa pontianak dapat menyandang hal demikian, di antaranya: terdapat peristiwa alam unik yang tidak ditemukan di Indonesia, memiliki muara sungai yang disebut sebagai sungai paling panjang di indonesia, dan terdapat lokasi perkampungan yang menjual kopi. Ketiga hal ini kita ulas ulas bagian selanjutnya:

1. Pontianak Menarik Dikunjungi Karena Terjadi Kulminasi pada Garis Khatulistiwa

Kulminasi Matahari adalah peristiwa alam yang hanya ditemukan pada daerah yang dilintasi garis khatulistiwa. Salah satu kota yang memiliki keistimewaaan ini adalah kota Pontianak yang berada pada titik 0 derajat saat peristiwa ini terjadi. Hal ini menjukkan bahwa Kota ini merupakan tempat yang akan menjadi saksi peristiwa ini terjadi. Fenomena alam yang langka dan unik  ini dikemas dalam acara tahunan yang merupakan pemikat kunjungan wisatawan.

2. Pontianak Menarik Karena Sungai Kapuas yang Dimilikinya

Sungai Batang Lawai atau lebih familiar dengan sebutan Sungai Kapuas adalah sebuah sungai yang terletak di Pontianak Kalimantan Barat. Sungai dinobatkan sebagai sungai terpanjang di Indonesia atau sekitar 1.143 km (baca: Wikipedia). Sebutan sungai Kapuas diambil dari daerah kapuas (masa sekarang disebut Kapuas Hulu) yang mengairi muara setempat. Berbeda dengan Batang Lawai yang diambil dari penyebutan Kesultanan Banjar Kala itu.

3. Pontianak Menarik Karena Deretan Warung Kopi

Kopi adalah salah satu minuman yang sudah dijadikan sebagai gaya hidup. Betapa tidak, sebagian orang menjadikan rutinitas minum kopi di pagi hari sebagai bagian dalam kehidupan. Warung kopi bukanlah hal biasa di beberapa tempat, namun akan luar biasa jika dalam satu perkampungan berjejeran penjual kopi. Hal inilah yang akan ditemukan saat berkunjung di pontianak. Warung ini terletak di jl. Gajah Mada kota Pontianak.

Demikianlah Ulasan tentang Bukti Pontianak Kota Wisata Paling Menarik di Indonesia. Mudahan-mudahan bermanfaat.

Ridho Photo

Don't Judge a book by it's cover

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Read More
Line IDN Times
ARTIKEL REKOMENDASI