Curug Malela: Keindahan Air Terjun di Bandung Barat

Berlibur ke Bandung? Wajib Datang Kesini!

Curug Malela: Keindahan Air Terjun di Bandung Barat storify.com

Bandung merupakan salah satu kota favorit bagi kalangan traveler di Indonsia. Udara Bandung yang sejuk membuat setiap orang yang berkunjung ingin berlama - lama dan sulit untuk meninggalkan kotanya. Jika akhir pekan atau libur panjang, jangan heran apabila banyak kendaraan - kendaraan dari kota lain turut meramaikan kota yang berjuluk kota kembang tersebut. Bandung mempunyai banyak daya tarik, diantaranya: fashion, kuliner, dan pemandangan alamnya yang indah. Salah satu pemandangan alam yang ada di Bandung adalah Curug Malela. 

Curug Malela berlokasi di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat. Dilansir infobdg.com, curug Malela memiliki lebar 70 meter dengan ketinggian 60 meter. Nama Malela sendiri berasal dari nama tokoh masyarakat sekitar, yaitu Prabu Taji Malela. Makam tokoh ini bisa ditemui di atas tebing sebelah kanan curug. Tebing yang konon usia bebatuannya ini berkisar 5 hingga 10 juta tahun ini, terbentuk akibat letusan Gunung Api Purba yang dulu banyak terdapat di selatan Bandung. Keindahan curug malela membuatnya terkenal dengan sebutan Niagara Mini di ujung barat Bandung.

Menuju Curug Malela

Jalan yang dilalui untuk menuju curug tersebut diperlukan perjuangan yang tidak mudah dan harus menempuh waktu perjalanan sekitar 3 hingga 4 jam sampai memasuki Perkebunan Montaya, di ketinggian 1000 mdpl. Walaupun harus menempuh jalan yang tidak mudah, anda akan di suguhkan dengan karya tangan Tuhan yang sangat indah. Jadi jangan khawatir, perjalanan anda tidak akan terasa sia-sia jika berkunjung ke tempat ini. Jangan lupa bila anda berkunjung ke tempat ini kondisi tubuh dan kendaraan juga harus dalam keadaan fit, jika perlu bawalah perbekalan yang cukup terutama air putih. Disana juga terdapat fasilitas ojek apabila kalian tidak kuat berjalan kaki, tapi disarankan anda lebih baik berjalan kaki demi menikmati pemandangan alam yang ada disana.

Spot Foto di Area Curug Malela

Tempat diatas adalah salah satu spot foto favorit bagi pengunjung yang datang ke curug malela. Selain untuk berfoto, tempat tersebut biasanya dimanfaatkan sebagai tempat untuk istirahat bagi para pengunjung. Para pengunjung yang berhenti di tempat ini juga dapat melihat curug malela dari kejauhan. Dari tempat ini, anda masuih harus turun agak jauh untuk menuju curug malela, sangat disarankan anda jangan terlalu lama untuk berfoto ditampat ini.

Pemandangan Curug Malela

Perjalanan menuju tempat ini memang sangat perjuangan, apalagi jika anda memaksakan datang pada saat musim hujan. Akan tetapi pemandangan alam disini sangat indah, anda bisa me-refresh  pikiran anda sejenak dari kesibukan yang dijalani. Jika berkunjung ke tampat ini jangan lupa untuk terus menjaga kebersihan di area lingkungan, jangan buang sampah apapun ditempat ini karena akan membuat buruk kondisi tempat ini. Sangat disarankan untuk mencoba datang ke curug malela ini!

Timotius Ivaniar Farandi

Penikmat Sepak Bola

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Read More

Bagaimana perasaanmu setelah membaca artikel ini?

  • Vote Senang Vote
    Senang 0%
  • Vote Sedih Vote
    Sedih 0%
  • Vote Terhibur Vote
    Terhibur 100%
  • Vote Marah Vote
    Marah 0%
  • Vote Kaget Vote
    Kaget 0%
  • Vote Terinspirasi Vote
    Terinspirasi 0%
ARTIKEL TERKINI