Bagi sebagian kota besar, keberadaan jalur lintasan air alias merupakan hal yang mutlak diperlukan. Di masa lampau, kanal-kanal tersebut berperan dalam transportasi masyarakat dan berbagai bahan keperluan yang penting bagi kehidupan kota.

Sementara itu, di masa modern kanal beralih fungsi sebagai kawasan wisata yang mampu menghadirkan suasana asri nan romantis di tengah kota.

Salah satu kota dengan kanal yang paling terkenal adalah Venesia alias Venice di Italia. Setiap tahunnya, ribuan wisatawan berdatangan dari seluruh penjuru dunia hanya untuk mengunjungi kota ini. Biasanya wisatawan yang berkunjung merupakan pasangan honeymooners yang ingin menikmati suasana romantis saat menjelajahi kanal-kanal di kota ini sambil menumpangi perahu gondola.

Nah, ternyata bukan hanya Venesia lho yang punya kanal-kanal cantik nan romantis! Ada berbagai kota lain di dunia yang juga terkenal akan jaringan jalur airnya, baik yang buatan maupun yang terbentuk secara alami.

Masing-masing kota tersebut juga memiliki keunikan tersendiri di setiap kanalnya yang membuatnya berbeda dari Venesia, seperti pemandangan gunung bersalju di Annecy sampai matahari yang tidak pernah terbenam di St Petersburg.

Penasaran kan kota mana saja yang punya kanal cantik? Simak di bawah ini ya!

1. Amsterdam, Belanda

Selain Venesia, Ini Dia 9 Kota dengan Kanal yang Wajib Kamu Kunjungijtl.us

Disebut sebagai "Venice dari Utara", Amsterdam memang memiliki sistem kanal yang menawan. Kota ini memiliki lebih dari 60 jalur air yang melingkari bagian tengah kota, lengkap dengan bangunan-bangunan tua di sekitarnya. Kanal-kanal tersebut dibangun pada abad ke 17 pada masa kejayaan Kerajaan Belanda.

Kanal ini bisa kamu nikmati dengan berjalan kaki, bersepeda, atau dengan menumpang layanan canal tour yang banyak beroperasi di seluruh sudut kota. Kamu juga bisa mengunjungi berbagai bangunan menarik yang ada di sekitar kanal, seperti Anne Frank's Museum, Heineken Brewery, dan lain-lain.

Selain itu, jika kamu datang di musim dingin ada kemungkinan kamu bisa bermain ice skating di atas kanal yang membeku. Sayangnya, kondisi ini sangat jarang terjadi, apalagi dengan adanya pemanasan global selama beberapa dekade belakangan.

2. Kopenhagen, Denmark

Selain Venesia, Ini Dia 9 Kota dengan Kanal yang Wajib Kamu Kunjungicommons.wikimedia.org

Pada abad ke 17, raja Christian IV dari Denmark dibuat terkesima akan keindahan sistem kanal saat mengunjungi kota Amsterdam. Saat kembali ke rumahnya, ia pun mempekerjakan beberapa orang arsitek Belanda untuk membangun istem kanal yang sama di sebuah area di Kopenhagen. Area ini pun akhirnya dikenal sebagai Chistianshavn dan menjadi salah satu sistem kanal tercantik di dunia.

Di Kopenhagen, kamu bisa melihat deretan rumah perahu yang menjadi tempat tinggal alternatif penduduk kota ini. Ada juga beberapa landmark menarik di sekitar kanal di tengah kota, seperti istana Amalienborg dan Copenhagen Opera.

Selain itu kamu juga bisa menikmati Nyhavn, sebuah sudut fotogenik yang penuh dengan gedung warna-warni di distrik Indre By.

3. Bruges, Belgia

Selain Venesia, Ini Dia 9 Kota dengan Kanal yang Wajib Kamu Kunjungipixabay.com

Bruges merupakan ibukota dari provinsi West Flanders di Belgia. Sama seperti Amsterdam, kota ini juga sering disebut sebagai "Venice of The North" karena keberadaan sistem kanalnya yang cantik.

Bagian kanal utamanya terdapat di sekitar pusat kota, dibangun sejak tahun 1128. Di sekitar kanal ini, kita bisa melihat berbagai bangunan dari abad pertengahan yang diakui sebagai Harta Warisan Dunia oleh UNESCO.

4. Giethoorn, Belanda

Selain Venesia, Ini Dia 9 Kota dengan Kanal yang Wajib Kamu Kunjungipixabay.com

Satu lagi kota dari Belanda dengan sistem kanal yang unik. Bila dibandingkan dengan kota lain di daftar ini, Giethoorn mungkin memiliki ukuran yang jauh lebih kecil. Namun, sistem kanal yang dimiliki Giethoorn memiliki peran yang jauh lebih penting bila dibandingkan dengan kota-kota lain.

Hal ini dikarenakan Giethoorn tidak memiliki jalan sama sekali, seluruh kegiatan transportasi dilakukan dengan perahu melewati kanal-kanal yang menjalar ke seluruh sudut kota. Keren kan?

5. Fenghuang, Tiongkok

Selain Venesia, Ini Dia 9 Kota dengan Kanal yang Wajib Kamu Kunjungi3us.com

Bila sebagian besar kota di daftar ini berasal dari Eropa, kota yang satu ini justru berada di daratan Asia. Kota Tua Fenghuang terletak di sisi barat provinsi Hunan, dan merupakan salah satu Harta Warisan Dunia yang diakui oleh UNESCO.

Di sekitar kanalnya yang cantik, kamu bisa menyaksikan rumah-rumah tua beraksitektur oriental yang dibangun di atas tiang-tiang nan menjulang di atas air.

6. Fort Lauderdale, Amerika Serikat

Selain Venesia, Ini Dia 9 Kota dengan Kanal yang Wajib Kamu Kunjungipinterest.co.uk

Fort Lauderdale merupakan sebuah kota yang terletak sekitar 45 km dari Miami, Florida. Kota ini sering disebut sebagai "Venice of America" karena keberadaan jaringan kanalnya yang sangat luas, dengan panjang mencapai 266 km. Di sekitar kanal tersebut, terdapat ribuan mansion bergaya tropis khas masyarakat Florida.

Kamu bisa menelusuri kanal ini dengan menggunakan boat tour. Namun jika kamu lebih suka berpetualang secara bebas di sistem kanalnya yang luas, kamu bisa menyewa sebuah kayak selama sehari penuh.

7. St. Petersburg, Russia

Selain Venesia, Ini Dia 9 Kota dengan Kanal yang Wajib Kamu Kunjungifriendlylocalguides.com

Sebagai kota metropolitan paling utara di dunia, St Petersburg merupakan salah satu kota yang paling banyak ditulis dalam bucket list kaum traveler. Tidak seperti kota lain di Rusia, desain kota ini lebih mirip dengan kota-kota Eropa pada umumnya, lengkap dengan beberapa kanal yang menghubungkan satu distrik dengan distrik lain.

Waktu terbaik untuk mengunjungi kanal-kanal di St Petersburg adalah saat musim panas, ketika kita bisa melihat ratusan perahu dan taksi air bermanuver di seluruh penjuru kota. Selain itu, kita juga bisa menyaksikan fenomena matahari yang tidak pernah terbenam pada bulan Juni hingga Juli.

8. Stockholm, Swedia

Selain Venesia, Ini Dia 9 Kota dengan Kanal yang Wajib Kamu Kunjungihandluggageonly.co.uk

Tidak banyak yang tahu bahwa Stockholm sejatinya berdiri di atas ribuan pulau-pulau kecil yang membentuk sebuah kepulauan. Lebih dari 30 persen area Stockholm dipenuhi oleh jalur-jalur air, disisipi oleh bangunan tua, dan taman super luas yang terlihat seperti hutan.

Hal ini membuat kamu bisa menyaksikan pemandangan yang sangat berbeda dari satu sudut ke sudut lain, sambil menikmati udara sejuk yang dihasilkan oleh hutan kota.

9. Annecy, Prancis

Selain Venesia, Ini Dia 9 Kota dengan Kanal yang Wajib Kamu Kunjungiurlaubsguru.de

Annecy merupakan sebuah kota di dekat pegunungan Alpine yang terkenal akan pemandangannya. Dikenal sebagai "Mutiara Alpin Prancis" dan "Venice of the Alps", kota tua ini memiliki 3 kanal jalur yang terhubung dengan sungai Thiou di tengah kota.

Di sudut-sudut tertentu, kamu bisa melihat kombinasi unik antara bangunan tua berwarna-warni, pegunungan salju, serta pantulan cahaya dari air kanal yang terlihat sangat romantis!

Itulah 9 kota berkanal cantik selain Venesia. Tertarik untuk mengunjunginya?

BONUS 1000 POIN: Terbitkan 5 artikel dengan kategori News World, Sport, Travel & Women

Cendrawasih Panji

Science nerd, crazy birdwatcher and third-wave coffee aficionado

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.