Catatan Perjalanan: Univ. Ciputra Main ke Pixel Studios, Microsoft & Google Singapore

#IniKampusku Bukan hanya sekedar jalan-jalan, tetapi mendapatkan ilmu yang sangat berharga dari kota singa ini.

Saya ingin share perjalanan saya bersama teman-teman IMT (Information Multimedia Technology) angkatan 2014 beserta dosen yang mendampingi kami berwisata ke Singapura, pada tanggal 9 Januari s/d 14 Januari 2017. Tujuan kita ke Singapura kita mengadakan kunjungan perusahaan (Company Visit). Selain mengunjungi perusahaan-perusahaan, sekalian juga kita jalan-jalan/ berwisata ke Singapura.

Kami berangkat ke Singapura pada hari Senin tanggal 9 Januari 2017, malam sebelumnya pada tanggal 8 saya menginap di apartement teman saya karena takut saya tidak bisa bangun pada saat hari H. Jam 2:00 WIB saya sudah bangun, begitu pun teman saya, teman saya menelpon satu per satu teman-teman kami. Jadwal flight kami jam 6:00 WIB menggunakan pesawat China Airlines, maka dari itu kami jam 2:00 subuh sudah bangun untuk bersiap-siap ke Airport.

Sesampainya di Juanda Airport Surabaya ternyata belum semuanya berkumpul di airport. Tetapi tepat jam 4:00 WIB kami semua sudah berkumpul di Juanda airport, kami absen satu per satu siapakah yang sudah hadir atau belum dan semuanya sudah hadir di airport. Kami mengurus diri masing-masing (bagasi, passport, sensor, dll). Setelah semuanya beres kami pun masuk di ruang tunggu kemudian menunggu beberapa menit kami langsung naik ke pesawat. Perjalanan Surabaya – Singapore kami tempuh dengan waktu 2 jam 30 menit.

Sesampainya di Changi Airport (bandara Singapura) kami langsung berkumpul kemudian kembali absen untuk mengecek sudah lengkap atau belum, setelah absen kami langsung mengambil bagasi kami kemudian membeli kartu MRT (Mass Rapid Transit). Singkat penjelasan MRT ini adalah sebuah sistem angkutan cepat (kereta listrik dari sistem kereta api) di Singapura dan membentang ke seluruh kota di Singapura.

Setelah membeli kartu MRT dan mengisi saldo di kartu tersebut, kami langsung menuju ke terminal lalu menuju ke daerah Bugis. Sebelum ke hotel kami jalan-jalan dulu ke mallnya di Bugis Junction. Setelah jalan-jalan, makan dll, kami langsung kembali ke hotel untuk beristirahat. Jam 5 sore kita kembali kumpul lalu pergi ke Orchard. Hari pertama adalah hari dimana kita beradaptasi dengan suasana di Singapura. Setelah ke Orchard untuk jalan-jalan kami kembali ke hotel untuk beristirahat.

Hari ke 2 kami rombongan IMT 2014 bersama dosen pergi ke perusahaan  Pixel Studios. Pixel studios ini adalah sebuah perusahaan game. Pixel studios ini dibangun oleh pemerintah Singapura sebagai dukungan untuk para game developer (pembuat game). Seluruh kebutuhan yang ada di perusahaan ini dipenuhi oleh pemerintah Singapura dan dapat dimanfaatkan secara gratis oleh para developer namun memiliki batas waktu tertentu untuk mengembangkan game yang akan mereka buat.

Setelah ke Pixel studio, kami rombongan IMT 2014 beserta dosen pergi melanjutkan perjalanan kita ke perusahaan Microsoft. Di perusahaan Microsoft kami mahasiswa IMT 2014 beserta dosen disambut dengan baik oleh staff-staff di perusahaan tersebut dan kami pun boleh mencoba teknologi yang ada disana seperti contoh kinect, interactive display, dll. Kami juga diijinkan untuk mencoba game Xbox terbaru dari perusahaan tersebut.

Setelah mengunjungi 2 perusahaan sekaligus pada hari ke 2, kami langsung masuk ke free time kami bebas kemanapun tetapi dosen memberikan batasan waktu kepada kami. Kami pergi ke Marina bay sands dan juga pergi ke Merlion Park untuk melihat langsung patung Merlion yang terkenal di kota singa ini. Menjelang malam kami pergi ke Marina Bay Sands untuk melihat atraksi yang kalau saya sebut pohon yang dihiasi lampu-lampu, dan juga kami menyaksikan atraksi uap air. Setelah selesai kami jalan-jalan, pada malam hari kita semua kembali ke hotel untuk beristirahat.

Memasuki hari ke 3, kami melanjutkan perjalanan kami, dikarenakan di hari ke 3 ini tidak ada perusahaan yang akan kami kunjungi, maka di hari ke 3 ini masuk free time. Pagi hari kami makan bersama kemudian kami melanjutkan perjalanan ke Museum yang disebut museum “Singapore City Gallery” di “Singapore City Gallery” kita dapat mempelajari sejarah tentang negara singa ini mulai dari masa penjajahan, masa perkembangan teknologi di negara singa ini, dll.

Setelah dari Museum “Singapore City Gallery” kami rombongan IMT 2014 beserta dosen melanjutkan perjalanan ke Sentosa Island. Kami rombongan IMT 2014 beserta dosen pergi ke Universal Studio, tetapi kami tidak masuk ke dalam Universal Studionya dikarenakan karena sudah sore jadi kami hanya keliling di bagian luar Universal Studio.

Memasuki hari ke 4, kami melanjutkan perjalanan kami, dikarenakan di hari ke 4 ini tidak ada lagi perusahaan yang akan kami kunjungi, maka di hari ke 4 ini masuk free time lagi. Di hari ke 4 ini kami pergi ke Sains Center, disana kita belajar tentang banyak hal terkait sains setelah dari Sains Center kami pergi ke Chinatown dan Chinese Garden, di Chinatown tempat jual berbagai macam souvenir khususnya khas Singapura harganya bisa dibilang relatif murah. Makanan di daerah Chinese Garden juga lebih murah daripada di tempat lain.

Memasuki hari ke 5 kami rombongan mahasiswa IMT angkatan 2014 beserta dosen melakukan kunjungan perusahaan ke kantor Google di Singapura. Sesampainya disana kami langsung disambut hangat oleh staff-staff di kantor Google tersebut. Kami diberikan tanda pengenal sebagai peserta study ekskursi, di kantornya Google kami diajak oleh staffnya untuk tour kantor.

Kantornya sangat bagus, dan juga fasilitasnya lengkap, disana terdapat barber shop, gym, tempat tidur, lounge, dll. Setelah selesai dari kantornya Google, kami kembali masuk free time, kami masing-masing berpencar ingin kemana. Saya bersama teman saya pergi mencari tempat untuk foto-foto “hunting photo”. Saya dan teman saya pergi ke tempat-tempat yang menurut kami bagus untuk foto ootd. Saya dan teman saya pergi ke: Orchard Gateaway, Little India, Arab Street, Clarke Quay, Haji Lane, dll.

Setelah saya dan teman saya pergi foto-foto, saya dan teman saya kembali ke hotel untuk beristirahat. Sambil menunggu yang lain balik hotel, kami beristirahat sejenak. Setelah semuanya kembali, kami mengajak beberapa teman kami untuk jalan-jalan lagi pada malam hari. Karena hari ke 5 adalah hari terakhir jadi kami memanfaatkan waktu untuk jalan-jalan biarpun sudah sangat capek.

Hari ke 6 adalah hari terakhir kami di kota singa ini. Sebelum berangkat ke airport, kami pergi ke Mall dulu yang bertempat di Suntec City. Setelah dari Suntec City kami rombongan mahasiswa IMT 2014 beserta dosen langsung menuju bandara untuk melakukan penerbangan pulang ke Indonesia.

Selama di Singapore saya memperhatikan dan mengamati bahwa kedua negara ini memiliki perbedaan masing-masing. Singapore jauh unggul kalau di bidang teknologi. Kalau mau dibandingkan kebersihan antara Singapore dan Indonesia, Singapore juga menang dalam hal ini. Singapore unggul dalam banyak hal. Contohnya saja pada tahun 80-90an negara Singapore sudah berhasil membuat kereta listrik MRT (Mass Rapid Transit) sedangkan di Indonesia, sampai sekarang masih memanfaatkan kereta api. Di Singapore juga terdapat kartu EZ-Link dimana kartu ini dapat dipergunakan di berbagai alat transportasi seperti kereta, dan Bus.

Meskipun Singapore unggul dalam banyak hal, ada 1 hal yang kalau bisa dibilang Singapore masih kalah dari Indonesia yaitu dari segi kebudayaan. Di negara kita di Indonesia masih sangat kental dengan kebudayaan di masing-masing setiap daerah. Tempat wisatanya saja kalau di Indonesia lebih menonjolkan tentang kebudayaannya, berbeda dengan Singapore, di Singapore mereka lebih menonjolkan sisi teknologi mereka.

Fernando Alexander Ong Photo Writer Fernando Alexander Ong

"Capture the moment"

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.