Mau Liburan Hemat ke Raja Ampat? Ini Rincian Biayanya!

Gak bikin kantong bolong

Mau Liburan Hemat ke Raja Ampat? Ini Rincian Biayanya!instagram.com/nadinelist

Raja Ampat, kepulauan dengan empat gugusan pulau yang sangat memesona. Tempat yang berada di ujung timur Indonesia ini telah menjadi impian wisata banyak orang. Kamu tak akan berhenti berdecak kagum karena keindahan pantai pasir putih, air laut yang jernih, dunia bawah lautnya, dan banyak hal lainnya.

Banyak yang mengira, liburan ke Raja Ampat butuh modal yang sangat besar. Namun, itu dulu, saat aksesbilitas tidaklah semudah sekarang. Sekarang semua orang bisa hemat liburan ke Raja Ampat, tidak sampai Rp 10 juta, lho!

1. Biaya tiket pesawat dari Jakarta ke Sorong.

Mau Liburan Hemat ke Raja Ampat? Ini Rincian Biayanya!traveloka.com

Gambaran perhitungan perjalanan kali ini dimulai dari Jakarta menggunakan pesawat terbang. Ada banyak pilihan maskapai penerbangan, tapi yang paling hemat kamu bisa memilih Batik Air atau maskapai lain yang sedang ada promo besar.

Tiket pesawatnya dibandrol sekitar Rp 3,1 juta untuk pulang pergi. Untuk mendapatkan tiket pesawat yang murah, kamu harus pesan jauh-jauh hari. Bisa juga dengan bersabar menunggu adanya tiket promo dari travel fair.

2. Biaya transportasi dari Sorong ke Waisai.

Mau Liburan Hemat ke Raja Ampat? Ini Rincian Biayanya!ultimate-indonesian-yachts.com

Setibanya di pelabuhan Sorong, kamu bisa memilih menggunakan pesawat Susi Air atau kapal laut untuk menuju Waisai, ibukota Kabupaten Raja Ampat. Kamu yang ingin lebih hemat, kapal laut merupakan pilihan paling bijak.

Perjalanan akan ditempuh selama dua jam, dengan kisaran biaya Rp 130 ribu. Kapal cepat dengan waktu berlayar dua jam dari Sorong menuju Waisai dikenakan biaya Rp 130 ribu.

3. Biaya masuk ke Raja Ampat.

Mau Liburan Hemat ke Raja Ampat? Ini Rincian Biayanya!wanderlustchloe.com

Untuk menikmati keindahan Raja Ampat wisatawan harus membayar Tarif Layanan Pemeliharaan Lingkungan (TLPL). Kamu harus membayar Rp 500 ribu yang dibayarkan di pelabuhan atau kantor Kabupaten Raja Ampat.

Baca juga: 9 Tipe Traveler Ini Paling Menggelitik, Kamu yang Mana?

4. Biaya penginapan selama di Raja Ampat.

Mau Liburan Hemat ke Raja Ampat? Ini Rincian Biayanya!theculturetrip.com

Kamu akan melihat banyak sekali jenis penginapan seperti hotel, resor, dan homestay di kawasan Raja Ampat. Kamu bisa memilih penginapan paling murah sekitar Rp 350 ribu per malamnya. 

Pilihlah penginapan yang dekat dengan destinasi wisata. Ini akan berpengaruh pada biaya transportasi.

5. Biaya transportasi selama di Raja Ampat.

Mau Liburan Hemat ke Raja Ampat? Ini Rincian Biayanya!travelercomments.com

Di sinilah kamu harus berhati-hati. Kalau tidak, bisa jadi pengeluaranmu akan membengkak. Kamu harus menyewa kapal motor untuk berkeliling Kepulauan Raja Ampat. Biaya BBM yang mahal akan berpengaruh dengan harga sewanya.

Kamu harus mempunyai kemampuan tawar menawar yang baik untuk mendapatkan harga paling murah. Selain itu, lebih baik menyewa kapal secara berkelompok beranggotakan 10-12 orang.

Estimasi biaya sewa kapal motor untuk perjalanan pulang pergi dari Waisai ke Wayag sekitar Rp 13 juta, ke Teluk Mayablibit sekitar Rp 6 juta, dan ke Pianemo sekitar Rp 8 juta.

6. Biaya konsumsi selama di Raja Ampat.

Mau Liburan Hemat ke Raja Ampat? Ini Rincian Biayanya!rajaampatbiodiversity.com

Biasanya, penginapan di Raja Ampat sudah menyediakan makan tiga kali sehari. Sayangnya di luar itu, masih sedikit orang berjualan makanan di kawasan Raja Ampat.

Kamu bisa mudah menemukan beragam kuliner di Waisai yang merupakan Ibukota Kabupaten Raja Ampat. Harga makanannya relatif terjangkau, hanya berkisar Rp 20 ribu per porsinya.

7. Inilah perkiraan biaya liburan selama 3 hari 2 malam di Raja Ampat.

Bagaimana, cukup terjangkau dan gak semahal yang kamu kira, kan? Harga di atas sewaktu-waktu bisa berubah tergantung pilihan akomodasi yang kamu pilih. Sebaiknya kamu ke sana saat low season atau bukan musim liburan.

Baca juga: Keunikan Kota Ini Bikin Kamu Melongo, Cantik Banget!

Read More
Line IDN Times
ARTIKEL REKOMENDASI