Jangan Sampai Puasa Menghambat Travelingmu, Ini Tipsnya!

Dijamin bikin puasamu lebih berwarna

Jangan Sampai Puasa Menghambat Travelingmu, Ini Tipsnya! businessinsider.co.id

Bulan puasa bukan halangan buat kamu untuk tetap traveling. Kamu nggak perlu takut capek atau kehausan karena kamu memang sudah niat puasa. Jadi, melakukan aktivitas apapun seharusnya menambah semangatmu bukan malah menjadi alasan untuk melakukannya. Ada beberapa tips yang bisa kamu simak buat kamu yang doyan traveling.

1. Makan sahur yang sehat.

Usahakan kamu makan sayur-sayuran dan daging saat sahur. Hal itu berguna untuk menjaga nutrisi dan gizi yang ada didalam tubuhmu sewaktu puasa. Bahkan kamu juga bisa menambahkan multivitamin yang kamu andalkan. Dijamin tubuhmu akan tetap fresh saat traveling dibulan puasa.

Baca juga: 11 Cara Ampuh Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa, Kamu Wajib Menerapkannya!

2. Pilih wisata religi.

Siapa bilang wisata religi itu membosankan? Dengan memanfaatkan momen bulan puasa, kamu bisa memilih untuk berwisata ke tempat-tempat religi seperti masjid-masjid bersejarah. Kamu juga bisa ikut sholat di masjid yang kamu kunjungi tersebut. Selain itu, ada kesempatan untuk tarawih juga di beda-beda masjid.

3. Pilih waktu yang tepat.

Kalau memang waktu siang itu panas banget, kamu nggak perlu maksain diri keluar jam-jam siang. Kamu bisa pilih keluar saat sore atau lebih seru lagi saat malam. Kamu bisa keluar sambil ngabuburit dan juga menikmati suasana perjalanan malam saat puasa setelah sholat tarawih.

4. Liburan bersama teman.

Pasti gak seru kalau kamu liburan sendirian aja. Liburan lebih enak kalau sama teman-teman kamu. Keluar bersama keluarga juga bisa jadi opsi yang menyenangkan. Jadi, nggak kerasa capeknya waktu jalan-jalan dan kamu juga bisa bercanda bersama.

5. Luangkan waktu khusus istirahat.

Jika kamu ingin traveling seharian, cobalah buat istirahat di hari sebelumnya. Kamu perlu tidur yang berkualitas dan tidak terlalu banyak mengeluarkan tenaga sehari sebelum melanjutkan perjalanan. Kamu bisa mengusahakan untuk tidur lebih awal segera setelah selesai sholat tarawih.

Baca juga: Ini 7 Wisata Religi Favorit Menjelang Ramadhan di Demak

6. Bersedekah.

Saat kamu liburan di bulan puasa, bukan berarti kamu akan melewatkan kesempatan beribadah. Kamu malah bisa mengumpulkan pahala sembari menikmati pemandangan kota lain. Sehingga liburan kamu jadi lebih bermakna buat kamu dan bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan.

7. Fokus sama satu destinasi wisata.

Mengingat kamu sedang traveling di bulan puasa, maka ada baiknya kamu gak sembarangan memilih tempat-tempat wisata yang ingin kamu kunjungi. Kamu harus bisa fokus sama satu tempat yang benar-benar ingin kamu kunjungi agar lebih terasa kenangannya.

8. Pilih tempat yang dingin.

Kurangi berkunjung ke tempat-tempat yang berhawa panas untuk menjaga puasa kamu. Sebaiknya pilih tempat wisata yang dingin baik itu outdoor atau indoor. Kamu bisa menghemat tenaga dan terhindar dari panas yang akan membuatmu menjadi kehausan.

9. Makan atau minum yang manis saat berbuka.

Saat sudah masuk waktu berbuka, usahakan buat segera makan atau minum makanan dan minuman yang manis. Hal itu dilakukan buat mengembalikan tenaga kamu setelah puasa. Setelah selesai, lakukan sholat dan istirahat sejenak sampai menunggu waktu tarawih.

10. Bawa perlengkapan ibadah.

Ada baiknya bawa perlengkapan ibadah tambahan seperti Al Qur’an dan tasbih. Saat dalam perjalanan, kamu bisa menggunakan tasbih. Kamu juga bisa membaca Al Qur’an disaat ada kesempatan yang bisa kamu pakai. Sehingga perjalanan traveling kamu akan lebih bermanfaat untuk mengumpulkan pahala. Hati juga lebih adem, kan.

 Jadi, nggak ada lagi alasan buat males-malesan ya. Kamu tetap bisa keliling Indonesia, bahkan dunia, meskipun sedang berpuasa. Bersenang-senang sambil mengumpulkan pahala selama perjalanan. Pastinya pengalaman liburanmu di bulan puasa akan lebih berkesan. 

Baca juga: Durasi Puasa di 5 Negara Ini Bisa Mencapai 22 Jam, Begini Cara Mereka Bertahan!

Read More

Bagaimana perasaanmu setelah membaca artikel ini?

  • Vote Senang Vote
    Senang 0%
  • Vote Sedih Vote
    Sedih 0%
  • Vote Terhibur Vote
    Terhibur 0%
  • Vote Marah Vote
    Marah 0%
  • Vote Kaget Vote
    Kaget 0%
  • Vote Terinspirasi Vote
    Terinspirasi 0%
ARTIKEL TERKINI