Traveling ke luar kota atau luar negeri memang sangat mengasyikkan. Koper jadi salah satu barang wajib traveler, selain ransel. Koper bisa memudahkan mobilitas kita, gak perlu berat-berat membawa barang bawaan selama liburan.

Nah, sebelum membeli koper, kamu harus tahu dulu beberapa hal ini.

1. Cocokkan dengan tujuan traveling kamu

4 Tips Memilih Koper biar Liburanmu Nyaman dan Menyenangkan knowrisk.com.au

Sebelum meletakkan semua baju ke dalam koper, pastikan koper yang kamu bawa sesuai dengan tujuanmu. Misalnya seperti ke tempat yang tropis atau sub tropis. Jika kamu  pergi ke tempat yang dingin atau lembab, sebaiknya memilih koper yang bertipe hardcase, agar barang-barangmu terlindungi dari risiko basah.

2. Sesuaikan barangmu dengan ukuran koper

4 Tips Memilih Koper biar Liburanmu Nyaman dan Menyenangkan vietnamairlines.com

Jika kamu ingin berpergian menggunakan koper, tentukan dulu barang apa saja yang akan kamu bawa. Jika kamu naik pesawat dan ingin meletakkan kopermu di kabin, ukuran 20 inci adalah ukuran koper yang tepat. Sementara untuk ukuran yang lebih besar dari 20 inci, lebih baik diletakkan di dalam bagasi pesawat.

Baca juga: 7 Tips Liburan Nyaman saat Long Weekend, Gak Perlu Ambil Cuti Deh!

3. Pilihlah koper yang memiliki resleting dari bahan logam

4 Tips Memilih Koper biar Liburanmu Nyaman dan Menyenangkan ebay.com

Sebelum berpergian, pastikan kamu telah memilih koper dengan resleting logam, agar tidak mudah rusak saat diseret atau terbanting di bagasi bandara. Selain resleting, pastikan roda koper dapat berfungsi dengan baik.

4. Tentukan warna kopermu

4 Tips Memilih Koper biar Liburanmu Nyaman dan Menyenangkan glamour.com

Usahakan memilih warna yang cerah untuk kopermu. Biasanya, koper berwarna gelap sudah terlalu sering digunakan. Dengan warna terang, kamu bisa lebih mudah menemukannya saat antre di bagasi. Gak bakal tertukar juga, deh.

Jadi, kapan kita ke mana? Mau bawa berapa koper, nih?

Baca juga: 10 Makanan yang Bisa Dibawa selama Backpackeran, Selain Mie Instan