Barang Bawaan Banyak? 6 Tips Packing Ini Bisa Bikin Simpel

Gak perlu bawa banyak tas

Barang Bawaan Banyak? 6 Tips Packing Ini Bisa Bikin Simpel virtuoso.com

Line IDN Times

Salah satu hal yang wajib dilakukan sebelum travelling yakni mengepak barang-barang bawaan atau packing. Bagi kebanyakan orang, packing seringkali dianggap sebagai hal yang sulit karena tak mengerti tips dan triknya. Sehingga, bingung penempatan barangnya ke dalam koper. Tak perlu khawatir, kamu bisa menerapkan 6 tips berikut ini:

1. Buat Daftar Barang Bawaan

Membuat list barang bawaan merupakan poin awal yang harus dilakukan sebelum berpergian, supaya tidak ada barang bawaan yang ketinggalan. Pikirkan mulai dari pakaian, makanan, dokumen, elektronik, alat mandi, dan barang lainnya. Tuliskan semuanya secara lengkap dan mendetail dalam secarik kertas. Setelah itu, kelompokkan barang bawaan tersebut supaya lebih mudah untuk ditata dalam koper atau ransel.

2. Memilih Barang yang Kecil

Saat travelling, kamu tak perlu membawa barang yang besar. Contohnya seperti sampo, cukup membawa botol kecil atau sachet. Begitu juga barang lainnya, usahakan membawa barang-barang dengan ukuran kecil

3. Menggulung Pakaian

Ketiga, menggulung pakaian. Dengan cara ini, kamu dapat meringankan bawaan dan memuat pakaian lebih banyak. Seperti baju kaos, celana kasual, dan pakaian dengan bahan yang tidak mudah kusut, sebaiknya digulung rapat untuk menghemat tempat. Namun, untuk pakaian yang mudah kusut seperti kemeja, tetap biarkan dilipat rapi dan letakkan di atas tumpukan gulungan baju yang sudah dirapikan. 

4. Menggunakan Vacuum Bag

Vacuum bag dapat mengurangi ukuran baju secara signifikan dengan cara mengeluarkan udara dari dalam kantong tersebut. Vacum bag menjadi solusi supaya kamu tak perlu membawa barang-barang tebal seperti selimut, jaket, dan lainnya. 

Baca Juga: Waspada! Ini 10 Kesalahan yang Sering Dilakukan Traveller

5. Siapkan Travel Pouch

Travel pouch perlu disiapkan untuk memisahkan barang-barang kecil agar lebih menghemat tempat dan mudah diletakkan. Kamu perlu menyiapkan beberapa travel pouch yang dibutuhkan untuk menyimpan benda- benda seperti pakaian dalam, alat makeup, charger, ataupun alat mandi. 

6. Memanfaatkan Ruang Kosong

Cari ruang kosong di dalam koper, misalnya di sela-sela tumpukan pakaian untuk menyelipkan barang-barang kecil. Seperti ikat pinggang, travel pouch, dan sandal. Manfaatkan ruang kosong dalam koper ataupun tas dengan sebaik-baiknya. 

Baca Juga: Aksesoris Lucu a la Traveller, Bikin Kamu Makin Hits!

Buat kamu yang hobi traveling atau punya banyak informasi serba-serbi soal travel dan liburan, sekarang saatnya kamu berbagi informasi lewat tulisan di IDN Times Community. Setiap artikel yang berhasil diterbitkan, kamu akan mendapatkan gratis 100 poin!

Farhana Photo

No one can write your story. So write it yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Read More
ARTIKEL REKOMENDASI