#InspirasiRamadan

Apa yang Terjadi Ketika Ada Penumpang Meninggal dalam Pesawat? bbc.co.uk

Apa yang Terjadi Ketika Ada Penumpang Meninggal dalam Pesawat?

Bikin merinding!

Setiap wisatawan yang bepergian menggunakan pesawat pasti tak jarang mengalami hal yang tidak diinginkan. Misalnya, terjebak duduk sebelah bayi yang menangis atau seseorang yang mual karena ketinggian. Nah, itu sudah biasa. Namun, bagaimana jika saat di dalam pesawat terdapat orang meninggal? Berikut ini adalah faktanya. Check it out!

1. Sekitar 3 miliar penumpang menggunakan pesawat setiap tahun, kemungkinan seseorang meninggal di pesawat itu rendah, tetapi tidak nol.

Semua maskapai memiliki protokol yang berbeda mengenai apa yang harus dilakukan dalam kasus kematian penumpang. Selain itu, peraturan-peraturan tersebut juga bervariasi tergantung pada keadaan seseorang ketika meninggal.

2. Dibutuhkan dokter atau profesional medis.

Secara teknis, hanya dokter atau profesional medis yang berlisensi bisa mengucapkan seseorang meninggal. Jika tidak ada penumpang seorang dokter di dalam pesawat yang memeriksa, maka seseorang tidak resmi meninggal di udara.

3. Awak pesawat dilatih tentang medis.

Jika penumpang meninggal di tengah penerbangan, maka awak pesawat akan mencoba untuk mengkonfirmasi kematian dengan memeriksa tanda-tanda vital. Namun tidak ada pengumuman resmi yang dibuat.

Baca Juga: 10 Negara Terbaik Untuk Tempat Tinggal Bagi Kaum Wanita

4. Menghubungi tenaga medis di darat.

Di setiap pesawat biasanya disediakan alat medis tertentu, hal ini bertujuan untuk membantu penumpang yang mengalami kesakitan. Namun, jika hal besar muncul, maka tenaga medis menghubungi rumah sakit atau tenaga medis di darat untuk bantuan lebih lanjut.

5. Tubuh penumpang meninggal akan dipindahkan.

Jika terdapat penumpang meninggal di pesawat, maka tubuh orang meninggal tersebut kemudian dipindahkan ke barisan kursi kosong, diikat dan biasanya ditutupi dengan selimut. Jika tidak ada baris kosong kursi, penumpang tersebut akan hanya diamankan di kursi semula dan ditutupi dengan selimut.

6. Toilet tidak bisa menjadi tempat penyimpanan.

Menurut dokumentari BBC tahun 2014, awak pesawat tidak dapat menempatkan seorang penumpang tewas di toilet. Ini dianggap tidak menghargai penumpang, maka toilet tidak dapat menjadi tempat penyimpanan.

Mengerikan bukan? Semoga hal ini tidak pernah kamu temui sebelumnya ya.

Baca Juga: 9 Pantai Paling Mengagumkan yang Ada di Dunia


Bagaimana perasaanmu setelah membaca artikel ini?

  • Vote Vote
    Senang 25%
  • Vote Vote
    Sedih 11%
  • Vote Vote
    Terhibur 18%
  • Vote Vote
    Marah 18%
  • Vote Vote
    Kaget 14%
  • Vote Vote
    Terinspirasi 14%

ARTIKEL TERKINI

About IDNtimes