Salah satu destinasi favorit bagi turis saat berkunjung ke luar negeri adalah pasar. Mulai dari pasar tradisional sampai pasar malam biasanya jadi agenda wajib bagi traveler yang ingin berbelanja murah. Banyak pasar di luar negeri yang jadi favorit wisatawan seperti: Chatuchak Market (Bangkok), Petaling Street (Kuala Lumpur) dan lain-lain.

Pasar-pasar tersebut terkenal dengan barang-barang yang lengkap, unik, dan murah. Tapi nih, belum tentu kamu bisa mendapat harga yang murah kalau kamu belum menerapkan 5 tips ampuh di bawah ini.

1. Gunakan jurus tawar menawar

5 Tips Ampuh Belanja Murah di Pasar Luar Negeri, Hemat di Kantong!Pexels/Erik Scheel

Tawar menawar wajib banget nih dilakukan pada saat berbelanja di pasar luar negeri. Nah, ibu-ibu biasa paling jago nih soal tawar menawar. Pada dasarnya, prinsip menawar pada pasar di luar negeri juga sama lho.
Berikut, tips jitu menawar yang bisa kamu terapkan:

  • Tawarlah 1/2 harga dari harga yang diberikan penjual karena penjual biasanya membuka harga awal yang tinggi
  • Jika kamu membeli dalam jumlah banyak kamu bisa menawar harga yang lebih miring lagi
  • Teknik pura-pura pergi jika harga yang ditawarkan gak cocok. Kalau beruntung, kamu bisa mendapat harga barang sesuai dengan yang kamu inginkan

Nah, 3 tips di atas hanya contoh tips menawar yang sering kita lakukan apalagi ibu-ibu. Supaya lebih berhasil, keluarkan semua jurus menawar yang kamu tahu ya!

2. China town bisa jadi salah satu pilihan yang tepat

5 Tips Ampuh Belanja Murah di Pasar Luar Negeri, Hemat di Kantong!Pixabay/422694

China town sendiri merupakan kawasan pecinan yang rata-rata ditinggali oleh orang keturunan Tionghoa ataupun imigran dari Tiongkok. China town emang kental banget dengan nuansa oriental dan terkenal juga sebagai surganya belanja bagi para turis.

Nah, buat kamu yang mencari barang murah dengan kualitas KW super alias imitasi boleh nih berkunjung ke china town. Selain itu banyak souvenir dan oleh-oleh yang menarik yang bisa dibawa pulang. Oh iya, kamu harus pandai menawar ya supaya dapat harga terbaik.

Namun, china town gak ada di semua negara sehingga sebelum pergi ke luar negeri kamu bisa cari info dulu soal pasar-pasar terkenal di negara yang akan kamu kunjungi.

3. Hindari membayar dengan mata uang yang bernilai tinggi

5 Tips Ampuh Belanja Murah di Pasar Luar Negeri, Hemat di Kantong!Pexels/burst

Ini nih kesalahan yang sering dilakukan banyak orang. Memang membawa mata uang yang bernilai tinggi seperti dolar AS mempunyai keuntungan tersendiri saat traveling ke luar negeri karena biasanya diterima sebagai alat transaksi di banyak tempat. Tapi, sebaiknya kamu membayar dengan mata uang lokal ya.

Soalnya, kamu bisa rugi lho kalau ternyata kurs mata uang yang kamu bayarkan gak sesuai dengan harga barang sebenarnya, sehingga membayar dengan mata uang lokal negara tersebut lebih baik. Lagian, mata uang lain yang bernilai tinggi seperti dolar AS lebih baik dijadikan investasi bukan?

4. Jangan terburu-buru saat membeli

5 Tips Ampuh Belanja Murah di Pasar Luar Negeri, Hemat di Kantong!Pexels/Mark Dalton

Nah, biasanya ketika menemukan barang yang eye catching seringkali membuat banyak orang pengen langsung membeli barang tersebut meskipun harganya yang ditawarkan bisa dibilang standar saja bahkan ada yang mahal.

Padahal, kalau kamu bersabar dan berkeliling di kios lain mungkin saja kamu bakal menemukan barang yang sama dengan harga yang lebih murah lho. Jadi, intinya jangan terburu-buru ya saat membeli sesuatu.

5. Bersikap ramah kepada penjual

5 Tips Ampuh Belanja Murah di Pasar Luar Negeri, Hemat di Kantong!Pexels/Spencer Selover

Mungkin terdengar aneh, bukannya penjual yang harusnya bersikap ramah kepada pembeli? Ya, betul banget tapi gak ada salahnya kan sebagai pembeli juga bersikap ramah kepada penjual. Karena bisa aja kamu mendapat diskon dan bonus-bonus yang menarik kalau kamu bersikap ramah dan bersahabat kepada penjual.

Nah, bahasa sering jadi kendala dalam berinteraksi. Tapi itu bukan jadi alasan untuk bersikap ramah kan? Contoh sederhana bersikap ramah yang bisa kamu lakukan adalah dengan tersenyum. Jadi, pastikan bahasa tubuhmu menunjukkan kalau kamu memang traveler yang ramah ya!

 

Sudah siap berbelanja murah?

BONUS 1000 POIN: Terbitkan 5 artikel dengan kategori News World, Sport, Travel & Women

Frederick Photo

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.