7 Tips Tetap Cantik dan Nyaman Selama Mudik

Mudik nyaman, mudik aman.

7 Tips Tetap Cantik dan Nyaman Selama Mudikpixabay.com

Line IDN Times

Menjelang akhir bulan Ramadhan, apa lagi yang ditunggu-tunggu kalau bukan dijadikan momen untuk bertemu sanak saudara. Mudik ke kampung halaman, layaknya hajatan besar tiap tahun di negeri ini, Semua warga dari berbagai latar belakang menyambutnya, pun dengan suka cita merayakan libur panjang dalam suasana penuh keakraban. Yap, inilah tradisi turun temurun yang mencerminkan eratnya ikatan-ikatan kekeluargaan.

Nah, sebelum saat itu tiba. Bagi kita yang tinggal diluar kota, pasti akan menempuh perjalanan jauh untuk sampai ke kampung halaman. Untuk itu, banyak persiapan yang perlu kita lakukan agar mudik kita menjadi aman dan nyaman, salah satunya kita harus bisa menjaga kondisi tubuh dan penampilan supaya tetap cantik dan fresh, apalagi kamu yang sudah lama nggak mudik. Mau tau tipsnya?

Nabung tidur sebelum berangkat.

pexels.com

Tempat yang paling nyaman buat tidur ya tetap di kasur pribadi di rumah. Saat perjalanan mudik, mau naik pesawat, kereta ataupun mobil, pastinya kamu nggak bakalan bisa mendapatkan tidur berkualitas. Jadi, usahakan untuk nabung tidur dulu sebelum berangkat mudik agar kamu nggak drop.

Pakailah pakaian yang longgar dan menyerap keringat.

pixabay.com

Perjalanan mudik mungkin memerlukan waktu seharian penuh atau bahkan lebih. Untuk membuatmu tetap nyaman selama perjalanan, usahakan untuk menggunakan pakaian yang simple dan nyaman. Dengan pakaian tersebut, rasa gerah atau panas pun dapat lebih mudah untuk dihindari. Pakaian yang sebaiknya dikenakan adalah baju dengan bahan yang terbuat dari katun, rayon atau jersey.

Namun, jika lebih senang memakai bahan berjenis jeans, kamu masih dapat memadukannya dengan bahan lain yang mudah menyerap keringat. Gunakan warna yang terang karena pakaian dengan warna tersebut dipercaya dapat mengurangi rasa panas akibat udara ataupun paparan sinar matahari. Pakailah flat shoes, baju yang simple dan longgar, sehingga memudahkan kamu bergerak dan menjalankan aktivitas lainnya selama dalam perjalanan.

Masukkan perlengkapan pada satu tempat yang praktis.

dailymoslem.com

Untuk para wanita saat melakukan perjalanan mudik, sebaiknya kamu meletakkan benda-benda seperti produk skincare, tisu, bedak, pelembab, handuk kecil, dan sejenisnya ke dalam sebuat tempat yang mudah dijangkau. Kalau ingin lebih praktis, kamu bisa menyiapkan sebuah tas khusus untuk menaruh benda-benda tersebut. Dengan demikian, ketika diperlukan kamu dapat mengambilnya dengan cepat dan mudah.

Hal ini sangat penting jika kamu sedang dalam perjalanan yang ditempuh dengan mobil atau bus. Pastikan skincare selalu ada di dalam jangkauan, untuk memudahkan saat mengambilnya. Jika kamu menggunakan pesawat, tidak ada salahnya mengemas beberapa skincare penting seperti sunblock, moisturizer dan toner, ke dalam travel pouch agar mudah digunakan dan praktis.

Hindari full makeup, cukup gunakan pelembab wajah dan bibir saja.

pexels.com

Ada baiknya jika tidak berdandan yang berlebihan saat menempuh perjalanan yang lama. Cukup gunakan makeup simpel seperti pelembab, bedak, lipstik atau lipbalm. Makeup yang berat akan membuat wajah mudah lelah. Oya, bedak tabur juga lebih bagus terutama untuk kamu yang punya jenis kulit berminyak. Bedak ini juga lebih dapat menempel rata di wajah. Untuk pelembab, gunakan pelembab multifungsi yang mengandung SPF dan foundation.

Produk ini sangat praktis digunakan, sehingga kamu tidak perlu kerepotan mengaplikasikan banyak krim dan foundation. Gunakanlah pelembab multifungsi ini untuk melembabkan wajah, sekaligus meratakan warna kulit. Sedangkan untuk bibir, tetap gunakan lipbalm untuk mempertahankan kelembaban bibir.

Baca juga: Mudik Pakai Motor, Ini 5 Tips Perjalanan Aman

Jaga kesegaran dan kebersihan kulit selama perjalanan.

pinterest.com

Sebelum berangkat, jangan lupa mencuci muka. Ini penting sekali agar kamu terlihat fresh. Cuci muka juga bisa dilakukan saat istirahat di tengah perjalanan. Kalau mudiknya jauh, biasakan untuk mampir ke toilet atau rumah makan. Gunakan kesempatan ini untuk membasuh muka. Setelah cuci muka, pasti rasanya lebih menyegarkan. Jika ingin wajah tetap segar, kamu dapat menggunakan facial mist atau facial spray.

Selama perjalanan, cukup membawa sabun pencuci muka yang mudah dan ringan saja. Kalau tidak memakai sabun, yang penting basuh air saja cukup. Jika kamu tidak ingin repot saat membersihkan makeup di jalan, kamu bisa membawa cleaning tissue yang praktis. Tisu basah khusus wajah ini sangat bermanfaat untuk menyegarkan wajah. 

Konsumsi air putih dan tetap rileks selama perjalanan.

pinterest.com

Sebelum memulai perjalanan, minumlah air putih lebih banyak dari biasanya, terlebih jika kamu sedang berpuasa. Walaupun terdengar aneh, konsumsi air putih yang banyak akan membuat kulitmu tetap segar dan fresh, loh. Tapi jangan kebanyakan juga ya, nanti yang ada kamu harus berhenti ke toilet terus. Cukupi saja kebutuhan air agar kulit dan wajah tetap fit. Selain itu, usahakan juga untuk dapat istirahat atau rileks selama perjalanan.

Kamu dapat mendengarkan musik atau membaca untuk melewatkan waktu. Jika tubuh sudah mulai terasa lelah atau pegal, kamu bisa melakukan streching sederhana. Hal ini ditujukan agar peredaran darah lancar, sehingga dapat mengurangi resiko keram atau pegal selama di perjalanan. Cara streching yang dapat dilakukan adalah dengan menggerakkan otot pantat, dan pinggang. Meluruskan kaki sebisa mungkin juga baik. Apalagi untuk yang mudik jarak jauh, sangat penting beristirahat.

Yang tak boleh terlewatkan, berdoalah sebelum memulai perjalanan itu sangat penting

pinterest.com

Agar semuanya berjalan dengan lancar, berdoa menjadi ritual wajib. Kadang kita tidak bisa memprediksi hal-hal yang di luar kemampuan kita. Perjalanan mudik yang aman dan nyaman wajib dibarengi dengan persiapan yang matang, selain penerapan safety riding yang benar, kesehatan serta berdoa memohon keselamatan. Karena semuanya akan sia-sia jika Tuhan tidak memberikan perlindungan kepada kita selama dalam perjalanan.

Selamat mudik dan selamat berjumpa dengan sanak saudaranya dikampung, tetap utamakan keselamatan dijalan!

Baca juga: 7 Tips Berpakaian Saat Mudik, Agar Tetap Nyaman dan Stylish

 

Tulis artikel seputar Ramadan, Puasa dan Idul Fitri. Dapatkan gratis 100 poin!

Izalman

Instagram :jalman line :izllutfiansa Line@ffcial: @zul1114e (pake@) @Bigbosmedia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Read More
ARTIKEL REKOMENDASI