Minim Budget? Tips Ini Bikin Kamu Tetap Bisa Liburan di Akhir Tahun

Budget pas-pasan, tapi bisa liburan!

Minim Budget? Tips Ini Bikin Kamu Tetap Bisa Liburan di Akhir Tahununsplash.com

Line IDN Times

Akhir tahun tinggal sebentar lagi. Selain rehat dari rutinitas, momen ini adalah saat yang tepat untuk menghabiskan waktu  bersama keluarga dan sahabat terdekat dengan mengagendakan kegiatan jalan-jalan.

Namun, seringkali rencana liburan kita terhambat karena masalah biaya. Banyak yang beranggapan kalau di akhir tahun, biaya perjalanan melonjak naik mengingat permintaan yang tinggi. Belum lagi banyak godaan belanja  yang membuat pengeluaran semakin banyak. Tapi bukan berarti kamu gak bisa liburan sama sekali, lho. Dengan tips-tips berikut, kamu sudah bisa memiliki liburan bersama orang-orang tersayang dengan budget yang tak melebihi 1,5 juta:

1. Tentukan tujuan dan lama liburan

pexels-photo-346768-2e3a615baf9b70e8675adec886a0e236.jpgpexels.com

Menentukan destinasi liburan adalah hal pertama yang perlu kamu lakukan. Dengan budget 1,5 juta, kamu bisa mencari tempat wisata menarik yang jaraknya dekat dan bisa ditempuh dengan perjalanan darat. Misalnya, kamu bisa sewa mobil yang kira-kira seharinya sekitar Rp300-500 ribuan. Atau jika jaraknya agak jauh, kamu bisa menggunakan kereta api yang harga tiketnya berkisar antara Rp100-300 ribuan sekali jalan.

Setelah menentukan mau ke mana dan naik apa, kamu juga perlu memikirkan berapa lama kamu menetap di sana agar kamu bisa merencanakan kegiatan yang akan kamu lakukan. Siapa tahu kamu menemukan destinasi menarik tanpa harus membayar tiket masuk.

2. Makin ramai makin asik

serge-147026-7b60207f1a9623445a6a0dbddff270bc.jpgunsplash.com

Jalan-jalan sendirian memang menyenangkan. Namun untuk menghemat budget, tak ada salahnya lho jika kamu liburan bareng yang lain. Misalnya nih, kamu berencana untuk menyewa mobil seharga Rp500 ribu. Jika kamu pergi berlima, kamu hanya perlu mengeluarkan Rp100 ribu saja. Lebih hemat kan jadinya? Selain bisa menjadi teman untuk berbagi biaya, liburan dengan orang-orang terdekat seperti keluarga atau sahabat pastinya akan terasa lebih seru dan menyenangkan.

3. Rencanakan perjalanan dari jauh-jauh hari

dariusz-sankowski-56725-600aafd28bb3e323593a16f8c84d6fb2.jpgunsplash.com

Agar terhindar dari pengeluaran tak terduga menjelang liburan nanti, coba deh sebisa mungkin rencanakan perjalananmu dari jauh-jauh hari. Mengingat semakin dekat dengan hari H mencari tiket perjalanan akan semakin susah dan mahal,untuk urusan transportasi, sebaiknya kamu pesan tiket sedini mungkin agar peluang untuk mendapatkan harga terbaik semakin besar.

Jika kamu berencana jalan-jalan akhir tahun menggunakan kereta, tiket untuk trip di bulan Desember kini sudah bisa kamu pesan, lho, di Traveloka kereta api. Tak hanya menawarkan harga terbaik, Traveloka juga memberikan kemudahan dalam melakukan pencarian tiket, pemesanan, hingga pembayaran dengan berbagai metode pembayaran. Kamu cuma perlu mengakses situs atau aplikasi Traveloka di HP, dan langsung bisa memilih destinasi maupun tanggal yang sesuai dengan kebutuhanmu. Ketika akhir tahun tiba nanti, kamu jadi gak perlu khawatir kehabisan tiket, deh! 

4. Cari penginapan dengan harga murah

2-1a7959767292685d32f8294c1819d64c.jpgroadaffair.com

Guys, sebagian besar budget liburan umumnya terkuras habis untuk biaya transportasi dan penginapan. Oleh karena itu, jika kamu bisa dapat penginapan yang murah, kamu akan menghemat biaya banget, terutama pada musim liburan.

Membantu banget sebenernya kalau kamu punya kenalan yang bisa menyediakan tempat menginap. Tapi kalau tak punya, kamu bisa cari penginapan dengan harga murah seperti homestay atau hostel yang berkisar antara Rp150-400 ribuan per malamnya. Jangan malas untuk browsing dan bertanya rekomendasi penginapan bagus dan murah ke temen-temen kamu. Siapa tahu bisa kamu dapatkan dengan harga murah sekaligus fasilitas yang memadai.

5. Tetapkan budget awal untuk membeli oleh-oleh

jametlene-reskp-271784-3ba201c74b3fce83787076eeef1e5745.jpgunsplash.com

Terkadang, membeli oleh-oleh bisa jadi biaya tak terduga yang membuat pengeluaran kita jadi membengkak. Maka dari itu, sebaiknya kamu menentukan berapa budget yang harus dikeluarkan untuk membeli oleh-oleh. Ada baiknya kamu lakukan riset lebih awal untuk mencari tahu apa cendera mata khas di destinasi yang hendak kamu tuju beserta harganya. 

Terus, jika ada orang yang “nitip” untuk dicarikan barang, lebih baik minta uangnya di awal sehingga kamu gak nombok! Dengan begitu, pengeluaran kamu saat liburan jadi lebih teratur dan gak membengkak.

Pada dasarnya, kamu tidak harus selalu mengeluarkan banyak biaya ketika liburan di high season seperti akhir tahun. Walau budget terbatas, semoga dengan tips di atas bisa tetap liburan asyik bareng orang-orang terdekat kamu ya!

Read More
ARTIKEL REKOMENDASI