Belakangan ini informasi mengenai fasilitas Bebas Visa ke Korea Selatan bagi WNI memang ramai diperbincangkan. Bahkan fasilitas yang diberikan dalam rangka memeriahkan Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang yang berlangsung hingga 25 Februari mendatang tersebut mendapat respon yang beragam.

Nah, bagi kamu yang tertarik ingin memanfaatkan fasilitas bebas visa tersebut, pastikan kamu sudah terlebih dahulu mengetahui 5 informasi penting yang ada di bawah ini:

1. Fasilitas bebas visa diberikan bagi wisatawan asal Indonesia, Filiphina dan Vietnam

Meriahkan Olimpiade Pyeongchang, Kini ke Korea Bisa Bebas Visa!medium.com

Selain pemegang paspor Indonesia, wisatawan dari Filiphina dan Vietnam yang akan berkunjung ke Pyeongchang juga mendapatkan fasilitas bebas visa. Kabarnya keputusan untuk memberikan fasilitas bebas visa bagi WNI adalah karena wisatawan asal Indonesia selama ini menjadi salah satu penyumbang jumlah wisatawan yang cukup tinggi untuk Korea Selatan. Tercatat kurang lebih 350.000 wisatawan Indonesia masuk ke Negeri Ginseng sepanjang tahun 2016.

2. Bebas visa hanya berlaku bagi wisatawan yang berkunjung ke Pyeongchang

Meriahkan Olimpiade Pyeongchang, Kini ke Korea Bisa Bebas Visa!sportsdestinations.com

Hal penting yang perlu digarisbawahi terkait bebas visa untuk masuk ke Korea Selatan ini adalah fasilitas bebas visa hanya dapat dinikmati bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Pyeongchang. Khususnya bagi wisatawan yang akan masuk ke Pyeongchang melalui Bandara regional YangYang yang berada di Provinsi Gamgwon. Pasalnya, bandara tersebut merupakan yang terdekat dengan lokasi penyelenggaraan Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018.

3. Wisatawan Indonesia harus masuk ke Pyeongchang melalui 14 travel agent pilihan

Meriahkan Olimpiade Pyeongchang, Kini ke Korea Bisa Bebas Visa!legaljobsid.blogspot.com

Berencana untuk solo traveling ke Pyeongchang dengan memanfaatkan fasilitas bebas visa? Pastikan kamu sudah mengetahui bahwa saat ini fasilitas bebas visa bagi WNI sementara hanya dapat dimanfaatkan bagi yang sudah mendaftar dan mengikuti paket dari 14 travel agent yang ditunjuk oleh Kedubes Korea di Jakarta.

Jika kamu nekad berangkat tanpa melalui agen-agen tersebut, jangan menyalahkan siapa pun kalau pada akhirnya kamu hanya akan berakhir apes di bandara setempat.

Adapun 14 Travel Agent yang sudah ditunjuk Kedubes Korea di Jakarta, yakni K.I.A Tours, Panorama Tours, Aviatour, Dwidaya Tour & Travel, Shilla Tours, Bayu Buana Tour, Obaja Tour & Travel, Lucky Tours, Redcap Indonesia, Antatour, First Orion Holiday, Allways Tour, Astrindo Tour, dan Golden Rama.

4. Masuk tanpa melalui travel agent berisiko tidak lolos imigrasi di Korsel dan dideportasi

Meriahkan Olimpiade Pyeongchang, Kini ke Korea Bisa Bebas Visa!pixabay.com

Dengan adanya peraturan bahwa bebas visa dapat digunakan bagi WNI yang sudah mendaftar dan menggunakan paket 14 Travel Agent sebagaimana yang ditunjuk Kedubes Korea di Jakarta, maka bagi yang nekat melakukan perjalanan sendiri dijamin tidak lolos di Imigrasi Korea Selatan sekaligus dideportasi.

Bukan hanya itu, kamu yang sebelumnya sudah pernah masuk blacklist Imigrasi Korea Selatan, baik karena pernah masuk ke Korsel menggunakan ID orang lain atau pernah masuk secara ilegal, juga tidak akan diizinkan masuk ke Pyeongchang. Kamu bahkan akan langsung dipulangkan menggunakan biaya pribadi saat tiba di bandara YangYang.

5. Hubungi Satgas Perlindungan KBRI Seoul saat menghadapi kendala di Pyeongchang

Meriahkan Olimpiade Pyeongchang, Kini ke Korea Bisa Bebas Visa!kemlu.go.id

Kendala atau masalah memang tidak jarang menimpa saat kamu melakukan traveling ke luar negeri. Meskipun kamu sudah berangkat bersama dengan travel agent pilihan. Apalagi jika ini merupakan pertama kalinya kamu berada di negara tersebut. Lalu bagaimana jika kamu membutuhkan bantuan selama berada di Pyeongchang?

Jika kamu menemui kendala atau masalah selama berada di Pyeongchang, pihak KBRI Seoul sudah membentuk Satgas Perlindungan selama perhelatan Olimpiade Pyeongchang. Kamu bisa langsung menghubungi nomor telepon ‭+82 10-5394-2546‬ atau ‭+82-10-4607-5686‬. Selain itu, Pemerintah Korea Setalan juga sudah menyediakan bantuan jika diperlukan dengan cara menghubungi 119 (bantuan darurat) dan 112 (polisi).

Itu dia 5 informasi penting yang sebaiknya kamu pahami terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk menikmati kemeriahan Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018 dengan fasilitas bebas visa. Pastikan kamu sudah menghubungi salah satu travel agent yang ditunjuk oleh Kedubes Korea di Jakarta agar urusan imigrasi dan liburan ke Pyeongchang bisa berjalan lancar.

Reksita Wardani

Freelance writer yang menyukai fotografi. Pengen jadi travel blogger, tapi jarang traveling.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.