Liburan Ke Pulau Lombok? Ini Dia 6 Oleh-oleh Khas Lombok yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Kurang afdol kalau liburan Tanpa Bawa Oleh-oleh

Liburan Ke Pulau Lombok? Ini Dia 6 Oleh-oleh Khas Lombok yang Wajib Kamu Bawa Pulangvimeo.co

Line IDN Times

Pulau Lombok bisa jadi salah satu tujuan kamu buat berlibur. Banyaknya objek wisata yang sudah mulai berkembang di pulau Lombok membuat kamu ingin sekali berkunjung ke Lombok. Namun, ada hal yang tentu kamu tidak lupa ketika akan pulang ke kota asal yaitu oleh-oleh, buah tangan atau apapun istilahnya. Ini dia referensi oleh-oleh yang bisa jadi pilihan kamu untuk dibawa pulang. yuk kita lihat!

1. Kaos Lombok

wallpaper.com

Disetiap daerah yang kita kunjungi pasti punya ciri khas masing-masing. Selain makanan dan minuman, Lombok juga menyediakan oleh-oleh berupa baju yang bertemakan pulau Lombok dan segala sesuatu yang berhubungan dengan Lombok. Kaos Lombok ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Lombok karena baju pada umumnya bersifat general dan cocok untuk siapa saja.

Motif dan warna dari kaos Lombok pun sangat menarik dan beragam. Selain bagus, harga kaos Lombok juga sangat terjangkau untuk para wisatawan. Untuk membeli kaos Lombok, kamu bisa mengunjungi wilayah Cakranegara Mataram dan wilayah Senggigi. Disana kamu bisa menemukan banyak toko yang menjual kaos khas Lombok. Buat kamu yang berkunjung ke Lombok, membeli kaos khas Lombok menjadi salah satu pilihan untuk dijadikan oleh-oleh ketika kamu pulang ke kota asal.

2. Kain Songket Sasak

kompasiana.com

Salah satu yang khas dari pulau Lombok adalah Kain songket yang digunakan sebagai pakaian tradisional suku sasak yang bernama Baju Lambung (Baju wanita). Baju adat khas Lombok ini mempunyai motif hitam polos dengan variasi bawahan yang sangat beragam. Biasanya berbentuk selendang, ikat pinggang, atau bahkan aksesoris lainnya. Sedangkan untuk pria biasanya menggunakan songket sebagai bawahan yang diatur dengan sedemikian rupa sehingga lebih enak untuk di pandang.

Kamu bisa membeli kain songket sasak ini di desa Sukerare Lombok Barat dan di desa Sade Lombok Tengah dengan harga yang bervariasi. mulai dari harga 200 ribu sampai dengan 2 juta rupiah. Kain Songket biasanya digemari oleh ibu-ibu, jadi kamu bisa beli ini untuk ibu, tante atau saudara yang menyukai kain songket.

3. Kain Tenun Sasak

destinasilomboktengah.wordpress.com

Kain tenun sasak adalah salah satu oleh-oleh yang harus kamu beli di pulau Lombok. Karena kain tenun sasak dari Lombok ini memiliki motif yang berbeda-beda yang hanya bisa kamu dapatkan di desa Sade, Lombok Tengah. Namun sekarang kamu juga bisa dapatkan di beberapa tempat seperti daerah wisata pantai di wilayah Lombok Tengah seperti Kuta, Seger, dll.

Dengan pengerjaan kain yang cukup lama dan kain yang dihasilkan sangat unik, menjadikan kain tenun ini sangat diminati di kalangan wisatawan. Harganya bervariasi tergantung motif dan bahan yang digunakan. Motif biasa dijual dengan kisaran harga 100 hingga 300 ribu rupiah. Sedangkan kain tenun yang dibuat dengan benang emas dan motif yang rumit bisa dijual dengan harga hingga jutaan rupiah. Jika kamu ke Lombok, jangan lupa untuk membeli kain tenun sasak untuk dijadikan oleh-oleh atau bisa juga untuk digunakan sendiri.

4. Mutiara Lombok

missjoaquim.com

Bukan rahasia lagi kalau Lombok adalah salah satu penghasil mutiara terbesar di dunia mengalahkan Jepang dan negara-negara penghasil mutiara. Maka jika kamu punya cukup uang, akan lebih baik jika kamu membeli salah satu kerajinan mutiara di Sekarbela. Berada di desa Sekarbela Kelurahan Karang Pule Ampenan-Mataram.

Di sana banyak terdapat toko-toko yang menjual perhiasan mutiara. Jadi, kamu bisa memilih aneka perhiasan dari mutiara yang sangat cantik mulai dari gelang, cincin, anting, kalung dan sebagainya. Terdapat dua jenis mutiara, yaitu mutiara laut dan mutiara air tawar.

Mutiara laut biasanya berbentuk oval, serta mempunyai warna putih, emas, hitam, dan perak. Sedangkan mutiara air tawar berbentuk bulat dan memiliki warna yang bervariasi. Mutiara Lombok memiliki nilai yang sangat tinggi dan sangat cocok dijadikan hadiah untuk orang-orang yang kamu sayangi.

5. Gerabah Khas Lombok

lombokgilis.com

Jika kamu adalah pecinta kerajinan gerabah setidaknya ada tiga tempat yang paling direkomendasikan untuk dikunjungi di Lombok. Tempat tersebut antara lain adalah daerah Masbagik, Banyumulek dan Penujak. Ketiga daerah itu dikenal sebagai pusatnya kerajinan gerabah di Pulau Seribu Masjid. Meski sama-sama menghasilkan gerabah namun produk mereka berbeda dan memiliki ciri khas tersendiri.

Daerah Masbagik misalnya, daerah yang terletak di Lombok Timur ini menghasilkan gerabah dengan pola geometris dan menggunakan kerang laut sebagai hiasannya. Kalau daerah Banyumulek di kecamatan Kediri, Lombok Barat lebih menekankan pada aneka bentuk tembikar seperti periuk, gentong, anglo, wajan, kuali dan lain-lain. Sedangkan gerabah buatan Penunjak identik dengan bentuk-bentuk cerek maling. Jadi, kamu bisa pilih sendiri yang mana lebih menarik untuk kamu jadikan oleh-oleh.

6. Souvenir Khas Lombok

anakpapabandy.blogspot.co.id

Referensi oleh-oleh khas Lombok yang terakhir adalah souvenir khas Lombok yang sangat elegan. Ada berbagai macam souvenir unik yang bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau bahkan teman. Misalnya kalung, gelang dan aneka aksesoris khas Lombok yang lainnya. Selain itu ada pula gantungan kunci khas Lombok. Kamu bisa kunjungi Pasar Seni Sayang-Sayang di Lombok yang hadir untuk memenuhi kebutuhan wisatawan yang ingin mencari aneka souvenir khas dalam satu tempat.

Di sini juga dijual makanan khas Lombok yang banyak sekali jenisnya. Dibeberapa tempat wisata biasanya juga banyak menjual souvenir khas Lombok, jadi kalian jangan khawatir ketika berkunjung ke pulau Lombok. Harga untuk souvenir khas Lombok pun dibilang sangat terjangkau dan kamu bisa beli dalam jumlah banyak.

 

Nah, itulah beberapa referensi oleh-oleh khas Lombok yang wajib kamu bawa pulang setelah berlibur di Lombok. Mulai dari kaos khas Lombok sampai Souvenir khas Lombok. Menarik bukan? Jadi, kalau kamu ke Lombok jangan lupa untuk memborong oleh-oleh yaaa hehe.

RISA INTAN

Read, Think, Write

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Read More
ARTIKEL REKOMENDASI