7 Keuntungan Liburan di Indonesia Dibandingkan ke Luar Negeri

Beneran mau ke luar negeri?

7 Keuntungan Liburan di Indonesia Dibandingkan ke Luar Negeritravelicious.co.id

Kamu lagi galau liburan akhir tahun mau ke mana? Bingung antara mau liburan ke luar negeri atau Indonesia saja. Seringkali kamu berangan-angan untuk liburan ke luar negeri. Membayangkan asyiknya berada di negeri orang pasti membuat kamu makin ingin liburan ke luar negeri. Namun, kalau akhirnya kamu harus menghabiskan liburanmu di Indonesia saja jangan kecewa. Karena liburan di Indonesia juga tidak kalah asyiknya dengan luar negeri. Berikut 7 keuntungan kamu yang memilih menghabiskan liburan di Indonesia dibandingkan ke luar negeri.

1. Biaya liburan lebih murah.

cloudfront

Kamu yang menghabiskan liburan di Indonesia tidak perlu khawatir perbedaan kurs mata uang. Jadi barang yang ingin kamu beli sudah sesuai harganya dengan rupiahmu. Selain itu dengan berlibur di dalam negeri kamu bisa mendapatkan harga tiket yang lebih murah, penginapan yang lebih murah, serta tidak perlu repot mengurus visa dan paspor. Jadi kelebihannya bisa kamu gunakan belanja lagi, deh.

2. Waktu liburanmu pun tidak habis di perjalanan.

aviationcv

Kamu tak harus menempuh perjalanan yang lama dan tidak perlu menghadapi jetlag. Karena perbedaan waktu di Indonesia paling lama hanya 3 jam. Sehingga, perjalanan dengan pesawat ke tempat-tempat di Indonesia hanya memakan waktu beberapa jam. Kecuali kamu melalui jalur darat atau jalur laut waktunya mungkin akan lebih lama, tapi kamu tetap dapat istriahat dan menikmati pemandangan sekitar.

3. Kamu tidak mengalami kesulitan komunikasi karena terkendala bahasa.

babbel.com

Kamu suka kesulitan komunikasi karena kendala bahasa? Kalau liburan di Indonesia kamu gak perlu khawatir, hampir seluruh warga Indonesia mampu berbahasa Indonesia. Selain itu, rakyat Indonesia itu terkenal akan keramahannya di mata turis asing. Jadi kalau kamu tersesat, kamu gak perlu khawatir kesulitan bertanya. Justru kamu bisa belajar bahasa daerah setempat beserta kearifan lokalnya.

4. Makanan tidak cocok dengan lidah? Kamu juga gak perlu khawatir.

marketeers.com

Siapa di sini yang suka bawa saos sambal dan kecap kalau ke luar negeri? Kalau kamu liburan di Indonesia, kamu tidak perlu khawatir rasa makanannya tidak cocok dengan lidah. Karena bumbu-bumbu yang digunakan sudah familiar denganmu. Yang ada malah kamu ketagihan dan nambah terus. Selain itu, buat kamu yang muslim tidak perlu khawatir kesulitan mencari makanan halal karena mudah menemukannya di berbagai daerah.

Baca Juga: Indah Banget! Ini Dia 6 Nirwana Tersembunyi di Kota Batam

5. Kamu gak perlu khawatir mengalami cuaca ekstrim.

vistaeducation.com

Kamu juga gak perlu khawatir terjadi suhu ekstrim, dingin banget atau panas banget. Indonesia merupakan negara tropis dengan dua musim saja, yakni musim hujan dan musim kemarau. Kamu pasti sudah sangat familiar dengan dua musim ini, sehingga tubuhmu mudah menyesuaikannya.

6. Masih banyak tempat cantik yang tersembunyi di Indonesia.

4bp

Kamu yang berlibur di Indonesia gaK bakalan rugi deh. Indonesia merupakan negara kaya wisata. Mulai dari wisata alam berupa gunung, danau, pantai, dan laut, hingga wisata non-alam. Selain itu, masih banyak tempat cantik yang tersembunyi di Indonesia. Kamu gak perlu khawatir kehabisan tempat wisata karena sangat banyak tersebar di berbagai daerah. Mau liburan bertahun-tahun pun, kamu nggak akan pernah kehabisan destinasi wisata dalam negeri.

7. Ke manapun kita pergi, rumah sendiri tetap lebih nyaman. Benar gak?

flashnet.ro

Bagaimana pun juga, negara sendiri tetaplah tempat yang paling nyaman buat kita. Keramahan warganya, adat dan budayanya yang kental, kelezatan makanannya dengan rasa yang kaya rempah-rempah menjadi hal yang selalu dirindukan saat di luar negeri.

Banggalah, kalau kamu memiliki kesempatan berlibur di Indonesia. Kalau bukan kita yang mengenalkan wisata Indonesia ke dunia, lalu siapa? Ayo berlibur di Indonesia dan kenalkan ke dunia betapa cantiknya negara kita ini.

Baca Juga: Kaimana, Surga di Papua yang Tak Kalah cantik dengan Raja Ampat

Buat kamu yang hobi traveling atau punya banyak informasi serba-serbi soal travel dan liburan, sekarang saatnya kamu berbagi informasi lewat tulisan di IDN Times Community. Setiap artikel yang berhasil diterbitkan, kamu akan mendapatkan gratis 100 poin!

sherly Photo

Pejuang yang sedang mengejar cita-citanya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Read More
Register IDN Times Community
ARTIKEL REKOMENDASI