Sebagian orang melakukan traveling untuk melepas kepenatan setelah sekian lama berkutat di dunia kerja adalah hal yang sangat mengasyikkan. Apalagi jika travelingnya dilakukan sendirian atau solo traveling. Melakukan solo traveling mungkin harus ada kesiapan dan kemauan dalam melewati setiap destinasi yang dilalui.

Tapi selain kesiapan dan kemauan itu, kamu juga harus mengetahui 7 hal wajib ini sebelum melakukan solo traveling, apa saja? Yuk, scroll ke bawah!

1. Ketahui tempat-tempat yang akan kamu kunjungi saat solo traveling

7 Hal Ini Wajib Dipahami Semua Orang yang Suka Solo Traveling!Photo by Kelsey Knight on Unsplash

Menjadi traveler berarti kamu sedang membawa dirimu jauh dari hidupmu sebelumnya. Untuk itu, kamu harus memiliki bayangan seperti apa tempat-tempat yang akan dikunjungi nanti saat melakukan solo traveling. Misalnya, belajar bahasa daerah setempat, budaya masyarakatnya bagaimana, peraturan daerahnya, dan lain sebagainya.

2. Siapkan nomor telepon darurat

7 Hal Ini Wajib Dipahami Semua Orang yang Suka Solo Traveling!Photo by Toa Heftiba on Unsplash

Kita tidak akan tahu apa yang terjadi nanti, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diingankan, siapkan nomor-nomor telepon penting yang bisa kamu hubungi untuk meminta bantuan dengan cepat. Beritahu orang-orang terdekat kalau kamu akan berpergian sendirian, sehingga mereka bisa memantaumu kemana pun kamu pergi. Hal itu akan membuatmu merasa aman.

3. Lengkapi identitas diri

7 Hal Ini Wajib Dipahami Semua Orang yang Suka Solo Traveling!Photo by Kinga Cichewicz on Unsplash

Di luar sana, kamu hanya akan melakukan semuanya sendirian, tidak ada rekan seperjalanan yang akan membantumu ketika berada dalam masalah. Untuk mengatasi hal itu siapkan identitas diri yang lengkap dan salin menjadi beberapa lembar serta simpan di tempat penyimpanan yang berbeda. Misal jika kamu kehilangan tas, kamu masih mempunyai salinan identitas yang lainnya.

4. Buat rencana perjalanan

7 Hal Ini Wajib Dipahami Semua Orang yang Suka Solo Traveling!Photo by Philipp Kämmerer on Unsplash

Kamu harus memiliki rencana perjalanan yang matang, dimulai dari akomodasi, konsumsi, transportasi, hingga biaya-biaya tidak terduga lainnya. Rencana yang baik akan membuat perjalananmu menjadi lebih nyaman.

5. Siapkan anggaran yang cukup

7 Hal Ini Wajib Dipahami Semua Orang yang Suka Solo Traveling!Photo by Agnieszka Boeske on Unsplash

Prediksi seberapa besar anggaran yang akan kamu keluarkan ketika akan melakukan solo traveling nanti. Hal itu akan membuat kamu bisa memprediksi seberapa besar biaya yang kamu habiskan. Bijaklah dalam mengeluarkan setiap rupiah, karena kamu adalah seorang traveler yang baik.

6. Berkemas secukupnya

7 Hal Ini Wajib Dipahami Semua Orang yang Suka Solo Traveling!Photo by Edgar Chaparro on Unsplash

Selain anggaran. Kamu juga harus mempersiapkan beberapa perlengkapan yang akan digunakan selama traveling. Hindari membawa terlalu banyak barang yang tidak kamu butuhkan, berkemaslah secukupnya sesuai dengan keperluanmu saja.

7. Siapkan kondisi yang prima

7 Hal Ini Wajib Dipahami Semua Orang yang Suka Solo Traveling!Photo by Pietra Schwarzler on Unsplash

Hal yang paling penting sebelum melakukan solo traveling adalah kondisi fisik yang fit dan prima. Alangkah lebih baik jika kamu mempersiapkan kondisi fisik jauh-jauh hari agar stamina tubuhmu tetap prima. Selain fisik, siapkan kondisi mental juga, agar moodmu tetap stabil ketika melakukan perjalanan nantinya.

 

Itulah ketujuh hal yang wajib diketahui sebelum melakukan solo traveling, gimana? Udah siap lakukan solo traveling kan?

Bonus 1000 poin untuk setiap 5 artikel terbit dengan kategori: Sport, News World, Throwback & Travel

Asih Purwanti

Bukan siapa-siapa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.