Sudah Tahu Hal Terlarang yang Harus Dihindari di 8 Negara Ini?

Jangan sampai mereka membencimu

Sudah Tahu Hal Terlarang yang Harus Dihindari di 8 Negara Ini? trafalgar.com

Line IDN Times

Kamu yang hendak bepergian ke luar negeri, sebaiknya harus tahu aturan yang berlaku di sana. Setiap negara pasti punya kebiasaan atau aturan tabu yang dilakukan di sana. Kamu pasti gak mau kan, karena suatu kecerebohan liburanmu menjadi berantakan.  Bahkan lebih buruk lagi, sesuatu yang mungkin akan menyinggung orang-orang di sekitarmu.

Di lansir dari lifehack.org ada beberapa hal tabu yang sebaiknya kamu hindari saat berkunjung ke 8 negara di bawah ini.

1. Meksiko

Siapa sih yang suka mendapatkan hadiah? Namun, untuk orang di Meksiko, ada aturan khusus sebelum kamu memberikan hadiah. Orang meksiko lebih suka diberikan hadiah simple seperti coklat, bunga, atau kue. Hadiah yang besar dan mahal cenderung memberikan konotasi buruk seperti ingin menyuap. Mau dibungkus seperti apapun bukan hal yang penting, asal saat diberi hadiah langsung dibuka saat itu juga.

2. Kanada

Kamu harus berhati-hati dengan gerak tubuhmu saat berkunjung ke sini. Berbeda saat berbicara di Indonesia, orang Kanada tidak terlalu suka dengan gerakan tangan. Bagi mereka orang yang berbicara dengan gerakan tangan dianggap berlebihan. Di antara beragam gerakan tangan, orang Kanada paling tidak suka dengan "thumbs down". Masih tanya kenapa? Sama halnya dengan di Indonesia, kan?

3. Inggris

Hampir mirip dengan Kanada, tapi masih lebih fleksibel. Tidak dianggap berlebihan, kamu masih bisa leluasa menggunakan gerak tangan di sini. Terdengar sepele, namun kamu harus berhati-hati saat berfoto di sini. V sign atau menggunakan isyarat "peace" merupakan gerakan pembangkangan atau menghina di Inggris. Gerakan tangan tersebut sama buruknya seperti mengangkat jari tengah. Duh, jangan ya!

4. Perancis

Kamu pasti akan merasa canggung dengan aturan makan di Perancis. Negara mode dan terkesan glamour ini mempunyai aturan ketat saat acara makan. Kamu tak akan melihat orang makan yang makannya urakan atau berisik layaknya di restoran Indonesia.

Orang Perancis suka menilai baik buruknya seseorang melalui cara makannya. Aturan ini gak mutlak di semua tempat, hanya berlaku pada restoran berkelas di Perancis.

Baca juga: Sudah Tahu 7 Cara Berbeda Menghabiskan Liburan ke Singapura Ini?

5. Italia

Italia menjadi salah satu destinasi populer di Eropa. Banyak tempat indah yang bisa kamu kunjungi seperti Menara Pisa, Coloseum, nonton bola, dan lain-lain. Kamu kalau ingin bertanya tempat-tempat tersebut, ada baiknya kamu paham bahasa lokal. Orang Italia menghindari turis asing bertanya secara langsung. Kamu harus mengawali pembicaraan dengan buongiorno (selamat pagi),buono sera (selamat sore),atau lainnya yang berkesan lebih sopan.

6. Tiongkok

Selain di Perancis, negara ini juga memiliki aturan makan khusunya saat menyantap dalam mangkok. Kamu tidak boleh menancapkan sumpit ke dalam nasi atau mie sehingga posisi sumpit berdiri. Aturan tersebut juga biasa dilakukan di Jepang.

Larangan tersebut mutlak, karena mengingatkan pada pemberian sajen kepada arwah leluhur. Maka dari itu, kamu harus meletakkan sumpit di samping mangkok.

7. Spanyol

Saat berkunjung ke negara matador ini, kamu harus selalu menghabiskan makanan. Menyisakan makanan dianggap tidak menyukai makanan tersebut. Lebih buruknya lagi, kamu bisa dianggap tidak sopan dan menghina tuan rumah. Pastikan punya nafsu makan besar di sini, karena diharapkan kamu bisa menghabiskan seluruh makanan. Hal ini mirip nasihat di Indonesia, kalau gak habis nanti makanannya nangis.

8. Jerman

Hal tabu di Meksiko juga terjadi di Jerman. Aturan hadiahnya adalah ketika kamu mendapatkan jamuan makan malam. Lebih baik kamu tidak membawa bunga saat mendapatkan undangan makan malam.

Mereka lebih senang, jika tamunya membawa coklat atau wine. Kalau memang terpaksa membawa bunga, pastikan kamu tahu bunga favorit dan jumlah tangkainya ganjil. Membawa bunga saat undangan makan malam dengan jumlah tangkai genap hanya dianggap sesuatu yang merugikan.

Nah, daripada kunjungan ke negara tersebut menjadi buruk, lebih baik kamu ikutin segala etika yang berlaku. Apakah kamu pernah merasakan pengalaman tak enak di negara-negara tersebut?

Baca juga: Mau Jadi Vegetarian, Sudah Tahu 6 Tipenya Ini?

Read More
ARTIKEL REKOMENDASI