Penduduk Desa Maymand Ini Tinggal di Dalam Goa lho!

Gelap gak ya?

Penduduk Desa Maymand Ini Tinggal di Dalam Goa lho!panoramio.com

Pernahkah kamu membayangkan bagaimana tinggal di dalam goa? Pasti yang ada di dalam benakmu adalah sebuah goa sempit, gelap, lembab dan dingin.

Tapi, pernahkah kamu mendengar tentang Desa Maymand? Desa yang berada di Kota Kerman, Iran, ini sangatlah unik. Para penduduknya bukan tinggal di dalam rumah yang luas, hangat dan memiliki penerangan yang cukup, melainkan di dalam goa.

Desa kuno berumur lebih dari 10 ribu tahun.

Penduduk Desa Maymand Ini Tinggal di Dalam Goa lho!mapio.net

Dilansir dari BBC, Desa Maymand berusia lebih dari 10 ribu tahun. Desa yang terletak kurang lebioh 900 kilometer di selatan ibukota Teheran itu dihuni selama lebih dari 2.000 tahun. Hal tersebut membuatnya menjadi salah satu desa tertua di Iran, bahkan di dunia yang masih hidup.

Desa ini berbeda dengan yang ada pada umumnya. Penduduk desa setempat bukan tinggal di dalam sebuah rumah dengan dinding batu bata atau semacamnya. Penduduk Desa Maymand tinggal di dalam sebuah goa dengan ukuran yang berbeda-beda.

Ganti musim juga ganti rumah.

Penduduk Desa Maymand Ini Tinggal di Dalam Goa lho!nairaland.com

Desa Maymand ini terletak di suatu pegunungan kering di Iran Tengah. Akibatnya, desa ini memiliki perubahan suhu yang sangat ekstrem. Saat musim panas, cuaca di desa tersebut pun akan sangat panas. Begitu juga sebaliknya, saat musim dingin, cuacanya menjadi amat dingin.

Dengan adanya perubahan suhu yang ektrem tersebut, penduduk desa harus mengubah rumah mereka sesuai musimnya. Bahkan, penduduk setempat tak hanya memiliki satu rumah saja. Sar-e-Aghol adalah pemukiman yang dihuni penduduk selama akhir musim dingin hingga akhir musim semi. Sar-e-Bagh dihuni selama musim panas dan awal musim gugur. Saat musim dingin tiba dengan suhu yang ekstrem, penduduk setempat pindah ke rumah di bagian bawah. Setiap rumah tersebut dibangun dengan dinding batu.

Baca Juga: Langka, Penduduk di Desa Ini Bisa Melihat Ketika Gelap Total

Melestarikan warisan nenek moyang.

Penduduk Desa Maymand Ini Tinggal di Dalam Goa lho!wegoiran.com

UNESCO menetapkan Desa Maymand sebagai salah satu situs warisan dunia. Penetapan tersebut tentu membuat desa ini harus tetap dijaga dan dilestarikan kebudayaannya. Tak hanya itu, kebudayaan desa ini sudah berjalan ribuan tahun.

Pemerintah Iran dan berbagai organisasi lainnya pun turut mendukung dan memberikan kepeduliannya terhadap desa ini. Mereka berupaya agar Desa Maymand banyak didatangi pengunjung. Bahkan, terdapat beberapa goa untuk para pengunjung agar dapat merasakan bagaimana kehidupan masyarakat Maymand.

Penduduk setempat pun lebih memilih tinggal di dalam goa dibandingkan harus pindah ke kota tetangga pada musim tertentu. Diperkirakan hanya sekitar 150 orang penduduk di desa yang bertahan.

Unik banget kan desa satu ini? Kebudayaannya sangat terjaga dan berlanjut hingga kini. Jadi pengen ke sana deh!

Baca Juga: Viganella, Desa yang Tidak Pernah Merasakan Teriknya Sinar Matahari

Read More
Line IDN Times
ARTIKEL REKOMENDASI